FITNESS & HEALTH

4 Kondisi pada Kulit yang Sering Dialami Pasien Diabetes

Raka Lestari
Selasa 27 Oktober 2020 / 18:11
Jakarta: Kadar gula darah yang tinggi tentu sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki diabetes. Pada umumnya, kadar gula darah yang tinggi ditandai dengan beberapa gejala seperti kepala yang pusing.

Namun tidak jarang juga, kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes terlihat pada kulit. Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang berkaitan dengan diabetes:
 

1. Kulit gatal


Kulit yang gatal atau sering disebut juga dengan pruritus, dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kulit kering, aliran darah yang buruk pada tubuh, atau yeast infection. Ketika gatal terjadi karena aliran darah yang buruk, kemungkinan seseorang akan merasakannya di kaki bagian bawah. Menggunakan lotion dapat membantu kulit tetap lembut dan lembap serat mencegah kulit gatal.
 

2. Infeksi bakteri


Infeksi kulit yang disebabkan bakteri staphylococcus sering dialami dan akan bertambah buruk pada pasien diabetes yang tidak terkontrol. Ketika folikel rambut mengalami iritasi, bakteri ini dapat menyebabkan bisul atau benjolan yang meradang.
 

3. Acanthosis nigricans


Kondisi ini cukup umum pada pasien diabetes tipe 2. Ini menyebabkan kulit menebal dan menghitam, terutama pada lipatan kulit.

Kondisi ini biasanya terlihat seperti kutil kecil. Biasanya dapat ditemukan pada belakang leher, ketiak, payudara bagian bawah, dan selangkangan.
 

4. Vitiligo


Kondisi ini dapat memengaruhi warna kulit. Biasanya sering dialami oleh pasien diabetes tipe 1. Vitiligo menyebabkan sel-sel yang membuat zat melanin hancur.

Melanin merupakan zat yang dapat memberi warna pada kulit manusia. Biasanya muncul pada dada dan perut. Akan tetapi bisa juga muncul di wajah yaitu pada daerah mulut, hidung, dan mata.
(FIR)