FITNESS & HEALTH

Efek Konsumsi Gula Berlebih pada Otak

Raka Lestari
Kamis 29 Oktober 2020 / 10:05
Jakarta: Beberapa orang terkadang butuh asupan gula untuk menambah semangat. Akan tetapi, mengonsumsi gula berlebihan tentunya dapat memberikan dampak buruk. Tidak hanya berdampak buruk pada tubuh, mengonsumsi gula berlebihan juga berdampak buruk pada otak.

“Saat gula menyentuh lidah kita, ia mengaktifkan indera perasa tertentu yang mengirimkan sinyal ke otak, termasuk korteks serebral," kata Nicole Avena, Ph.D., asisten profesor ilmu saraf di Mount Sinai School of Medicine, seperti dilansir goodhousekeeping.

Sinyal ini mengaktifkan sistem reward pada otak, yaitu dopamin (zat yang membuat seseorang merasa nyaman) akan dilepaskan dan itu menyebabkan kita selalu menginginkan lebih banyak lagi gula. Gula memiliki efek seperti yang dialami ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang, dimana dopamin akan dilepaskan setiap kali dikonsumsi.

“Mengonsumsi gula berlebihan dapat memberikan perasaan nyaman tersebut karena tingkat dopamin yang tidak seimbang. Untuk itu, gula memiliki efek yang mirip seperti obat-obatan terlarang, itu lah mengapa seseorang kecanduan makanan manis,” tambah Avena.

Saat ini, gula dan makanan manis sangat mudah ditemukan. Berbagai jajanan dan minuman berbahan dasar gula menjadi tren yang sangat digandrungi. Bahkan, beberapa pelengkap dalam makanan seperti saus tomat hingga saus salad juga bisa saja mengandung gula.

Untuk itu, penting sekali mengurangi asupan makanan yang mengandung gula agar kita tidak mengalami kecanduan gula. “Otak kita bisa beradaptasi jika kita menghentikan asupan gula, sehingga kita tidak akan menginginkan gula sebegitu besar,” kata Avena.

“Meskipun memang, untuk bisa mengurangi kecanduan gula tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan bisa sampai berbulan-bulan untuk bisa mengatasi kecanduan terhadap gula. Dan hal itu tergantung pada tingkat keparahan kita terhadap ketergantungan gula,” kata Avena.

Dan untuk mencoba mengurangi kecanduan gula, cobalah untuk mulai menghentikan asupan gula selama satu minggu. Jika kamu bisa berhasil melewati hal itu, maka dapat menghasilkan tubuh yang lebih sehat.
(YDH)