FITNESS & HEALTH

Ini Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari saat Sarapan

Kumara Anggita
Rabu 03 Maret 2021 / 16:12
Jakarta: Sarapan menjadi kunci energi untuk memulai hari. Penting bagi kamu untuk memenuhinya setiap hari.

Namun perlu diingat lagi bahwa sarapan yang baik itu juga memengaruhi energimu. Pastikan sarapanmu bergizi dan nyaman untuk pencernaanmu.

Dikutip dari Cosmopilitan, Pippa Campbell, pelatih nutrisi dan penurunan berat badan mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang perlu dihindari dari sarapan seperti:
 

1. Roti putih yang dipanggang


Roti putih adalah roti yang mudah didapatkan dan banyak yang gemari. Namun roti gandum akan menjadi pilihan yang lebih baik.

"Roti putih panggang lebih kecil kemungkinannya untuk membuatmu merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan roti cokelat (roti gandum), karena secara signifikan lebih rendah serat. Diet kaya serat membantu menjaga integritas usus dan juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat,” jelas Campbell.
 

2. Makanan digoreng yang berminyak


Makan nasi uduk dengan telur goreng plus gorengan mungkin memang memuaskan. Namun makanan seperti ini kurang baik untuk dijadikan sarapan.

"Pilihan sarapan ini bisa berkalori! Gorengan berminyak biasanya digoreng dengan minyak nabati, yang menjadi tengik saat dipanaskan. Salah satu cara agar sarapan ini lebih sehat adalah dengan memilih telur rebus atau orak-arik daripada digoreng,” ujar Campbell.
 

3. Hanya smoothie


Smoothie memang tampak sehat, namun ini termasuk minuman yang terlalu bergula untuk dijadikan sarapan. Terlalu banyak gula bisa memengaruhi tubuhmu.

"Mengonsumsi smoothie untuk sarapan bisa menjadi pilihan yang penuh gula. Jika kamu mencampurkan buah, gula alami dilepaskan dari dalam dinding sel buah dan menjadi ‘free sugar’. Ini dapat merusak gigi, tingkat energi, dan dalam menjaga berat badan yang sehat,” ujar Campbell.

“Meskipun kamu menambahkan sejenis kangkung dan bayam ke dalam smoothie buah, itu tidak akan menghilangkan gula yang ada. Jadi usahakan untuk meminimalkan buah dan menambahkan lebih banyak sayuran. Pilihan sarapan ini juga tidak mengandung banyak protein, jadi kamu tidak akan merasa kenyang dalam waktu lama,” paparnya.
 

4. Sereal manis


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terlalu banyak gula di pagi hari bukanlah ide yang baik. Sereal manis adalah salah satu makanan yang bergula tinggi. Sarapan yang sehat dapat menjaga kadar gula darah, meminimalkan ngemil di kemudian hari dan dapat memberi bahan bakar pada tubuh untuk membantumu berfungsi sepanjang hari.

"Namun, jika kamu mengonsumsi sereal yang sangat manis. Hal itu dapat meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah, yang mana dapat mengakibatkan ledakan energi singkat tetapi ini hanya akan berlangsung dalam waktu singkat, membuat kamu merasa lebih lesu di kemudian hari,” kata Campbell.

Penting juga untuk memerhatikan ukuran porsi sereal, terutama yang manis. Pertimbangkan apakah ukuran porsi disarankan pada kotak adalah porsi yang sama dengan yang kamu konsumsi,

"Karena mudah untuk menuangkan lebih dari yang disarankan, menghasilkan lebih banyak kalori dan lebih banyak karbohidrat daripada yang diperlukan untuk dikonsumsi,” lanjutnya.
 

5. Bubur instant


Bubur adalah menu sarapan yang baik, namun perlu diketahui bahwa bubur instant memberikan efek yang berbeda. Ini karena garam dan gula yang ada di dalam bisa dalam jumlah yang banyak.

Bubur bisa menjadi cara yang sehat dan bergizi untuk memulai hari kamu. Tetapi jika kamu mengambil satu sachet atau sepanci bubur rasa instan, kamu mungkin menyabotase rencana makan sehat kamu.

"Bubur instan biasanya dikemas dengan gula dan garam. Satu bungkus bubur mengandung sekitar 29,5 gram gula per 100 gram, misalnya,” tutupnya.
(FIR)