FITNESS & HEALTH

Manfaat Melakukan Olahraga pada Siang Hari

Raka Lestari
Selasa 05 Januari 2021 / 17:36
Jakarta: Banyak orang melakukan olahraga pada pagi hari, atau pada malam hari menjelang waktu tidur. Namun ternyata, berolahraga di siang hari juga bisa memiliki manfaat kesehatan yang banyak. 

Dan berdasarkan data dari ClassPass, jam makan siang merupakan waktu yang paling populer untuk melakukan olahraga. 

“Olahraga di siang hari bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai membakar energi yang tersimpan sepanjang hari,” ujar Gabrielle Tafur, RD, ahli diet yang berbasis di Orlando, Florida. 

“Berolahraga di siang hari tidak hanya dapat membantu tidur nyenyak di malam hari tetapi juga bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan energi siang hari yang biasanya turun setelah makan siang.”

Menurut Holly Roser, personal trainer bersertifitkat NASM, secara umum olahraga membantu mengurangi tingkat stres, serta meredakan gejala kecemasan dan depresi. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja, sedangkan duduk sepanjang hari dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa olahraga tengah hari adalah waktu yang ideal untuk mengeluarkan keringat. Suhu tubuh lebih tinggi pada sore dan malam hari, yang membuat otot lebih mudah untuk bergerak dan bekerja. 

Dan sebuah studi kecil tahun 2018 yang diterbitkan di Current Biology menunjukkan peningkatan pembakaran kalori di sore hari dibandingkan dengan waktu-waktu lain dalam sehari. 

Roser merekomendasikan makan camilan ringan sebelum kamu berolahraga dan kemudian makan siang penuh setelahnya. “Kamu bisa mengisi bahan bakar di tengah hari dengan makan siang dengan porsi yang moderat sehingga tidak merasa ngantuk setelahnya,” katanya.

Pastikan untuk makan sesuatu sebelum berolahraga. "Tidak makan sama sekali dapat membuat kamu merasa lemas selama berolahraga yang dapat membuat olahraga yang kamu lakukan menjadi tidak efektif," tutupTafur.
(TIN)