FITNESS & HEALTH

5 Tanaman Ini Mampu Bantu Hentikan Merokok, Lho!

Mia Vale
Senin 20 Juni 2022 / 10:05
Jakarta: Bagi perokok aktif, menghentikan kebiasaannya untuk berhenti 'mengonsumsi' nikotin, bukanlah hal yang mudah. Tubuh dapat mengalami beberapa gejala yang membuat tidak nyaman. Pun dapat memengaruhi seseorang baik secara fisik maupun emosional.

Namun untungnya, terdapat beberapa tumbuhan yang dapat membantu dan mendukung, bagi kamu yang ingin berhenti merokok. Ya, dengan tanaman berikut, keinginan untuk kembali hidup sehat bebas rokok bisa terwujud. 

Melansir dari FNP di bawah ini ada beberapa tanaman obat yang siap membantu kala seorang perokok ingin berhenti merokok dengan mudah.
 

1. Jahe 


Di sebagian negara, seperti Indonesia dan India, mungkin tidak lengkap rasanya bila masakan tanpa jahe. Tapi ternyata, teh atau air hangat dengan jahe bisa membantu mengekang keinginan untuk merokok. Ini meninggalkan sensasi yang memuaskan di langit-langit mulut dan itu mengalihkan perhatian dari merokok. 



(Tanaman catnip atau catmint selain disukai anabul kamu, juga dapat membantu kamu untuk berhenti merokok. Foto: Dok. Cassi Carnes/@wilddaisywellness) 
 

2. Catnip 


Catnip juga dikenal sebagai catmint. Ini membantu dalam pengurangan kecemasan dan membantu mengatasi insomnia yang mungkin terjadi saat kamu mencoba untuk berhenti merokok. Ini juga akan memperlancar pencernaan. Beberapa juga mengatakan bahwa beberapa tetes catnip tincture di bagian belakang lidah, membantu mengurangi keinginan untuk merokok. 
 

3. Teh hijau 


Sebagai antioksidan kuat, teh hijau membantu memulihkan ketidakseimbangan oksidan/antioksidan yang telah diganggu oleh rokok, dan membantu tubuh selama periode detoksifikasi. Mrlansir dari laman good-GUMS, komponen teh hijau juga dikatakan membantu mengurangi keinginan untuk merokok.
 

4. Kunyit 


Telah terbukti menjadi detoksifikasi yang sangat baik untuk paru-paru yang dipenuhi asap rokok. Ambil satu potong kecil jahe, 400 gram bawang merah cincang, 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 liter air, dan didihkan. Saring teh dan campurkan sedikit madu. 
 

5. Ginseng korea 


Merupakan salah satu herbal paling populer di dunia untuk membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan penghentian merokok.

Ginseng sangat membantu untuk menenangkan perasaan cemas, menghilangkan kelelahan, dan membangun kembali keseimbangan dalam tubuh, yang diperlukan untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan tidak adanya nikotin.

(TIN)