FITNESS & HEALTH

Termasuk Kurang Bahagia, Ini 5 Faktor Risiko Penyakit Jantung Yang Tidak Kamu Sadari

Raka Lestari
Selasa 28 September 2021 / 11:32
Jakarta: Setiap tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya.

Sebisa mungkin sebaiknya kita harus melakukan pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit jantung. Apa saja faktor-faktor yang bisa memengaruhi kesehatan jantung?

Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung seseorang dikutip dari Reader's Digest:
 

1. Waktu tidur yang sangat sedikit


Saat beristirahat tubuhmu akan bekerja untuk memperbaiki DNA, menambah kadar vitamin, dan menghasilkan antioksidan. Baru-baru ini terdapat penelitian yang mempelajari 15.000 orang selama 14 tahun menemukan bahwa mereka yang memiliki gaya hidup sehat (olahraga, makanan bergizi, alkohol moderat, tidak merokok) memiliki risiko 67 persen lebih rendah untuk meninggal karena penyakit jantung. Dan jika mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup, mereka memiliki risiko 83 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.
 

2. Terlalu sedikit bahagia


Para peneliti menemukan bahwa orang yang paling bahagia dan paling optimis memiliki sepertiga risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada orang lain. Orang yang optimis dan bahagia menantikan masa depan serta cenderung mempersiapkan diri dengan gaya hidup yang lebih sehat.
 

3. Terlalu banyak polusi udara


Bahan kimia di udara yang tercemar dapat meningkatkan peradangan di tubuh dan meningkatkan oksidasi, pengerasan organ penting salah satunya adalah organ jantung. Para ilmuwan di Vancouver, British Columbia, menemukan bahwa peningkatan polusi lalu lintas dan kebisingan berkaitan dengan peningkatan 6 persen kematian terkait penyakit jantung selama hampir sepuluh tahun.
 

4. Terlalu banyak racun logam berat


Sebanyak tiga perempat orang memiliki kadar bahan kimia tingkat tinggi seperti timbal, merkuri, dan kadmium, yang dapat meracuni enzim yang berada dalam tubuh. Untuk itu konsumsilah makanan kaya sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung dan sayuran collard, yang membantu hati dalam menghilangkan racun ini.
 

5. Terlalu banyak stres


Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kortisol dan adrenalin, yang membuat gula darah naik dan menyebabkan pembuluh darah mengeras. Hal ini juga pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan jantung.
(FIR)