FITNESS & HEALTH

4 Cara Menekan Keinginan Makan Berlebihan untuk Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Sabtu 23 Oktober 2021 / 17:08
Jakarta: Keinginan untuk memuaskan rasa lapar, terkadang bisa sangat kuat dan bahkan tidak terkendali. Hal ini tentu membahayakan, karena makan yang berlebihan bisa membuat berat badan tidak terkontrol.

Dan tentunya, ini juga hal yang paling dihindari bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Lalu, apa yang harus dilakukan jika keinginan makan secara berlebihan timbul? Berikut ini cara yang bisa dilakukan:
 

1. Pahami asal mula keinginan tersebut


“Respons ingin makan sesuatu adalah mekanisme evolusi yang dirancang untuk melindungi tubuh,” kata ahli gizi Dena Gershkovich, RDN, serta pemilik TheArtsyPalate.com.

Ketika kamu belum makan untuk sementara waktu, tubuhmu mendambakan makanan yang tinggi lemak dan gula. Sebab lemak adalah sumber energi yang paling efisien, dan gula dengan cepat diserap oleh tubuh.

Orang-orang sering membuat kesalahan dengan membatasi makanan dan menghindari makanan dalam upaya untuk menurunkan berat badan. Untuk menghindari keinginan makan berlebih, cegah rasa lapar dengan makan secara teratur sepanjang hari.
 

2. Jangan membatasi, tapi menunda


"Mengatakan pada diri sendiri bahwa makanan yang kamu inginkan adalah makanan 'buruk' hanya akan membuatmu tambah ingin makan makanan tersebut," kata Melissa Mitri, RD, ahli diet untuk Wellness Verge.

"Sebaliknya, biarkan diri untuk mengonsumsinya tetapi dalam jumlah sedikit. Sehingga seiring waktu, kita sudah tidak terlalu menginginkannya," sambungnya.

Atau coba teknik penundaan. Daripada langsung menyerah, katakan pada diri sendiri untuk menunggu. Seringkali, ini membantu mengurangi kemungkinan makan spontan pada saat itu. Selain itu, ketika kamu tahu bahwa kamu bisa mengonsumsinya di suatu waktu maka keinginan itu akan berkurang.
 

3. Jangan melupakan sarapan


"Sarapan membantu tubuh memulai hari dengan benar dan mengatur kadar gula darah, juga membatasi mengidam di kemudian hari. Sarapan juga dapat mengatasi keinginan mengidam makanan jika tinggi akan protein," kata ahli gizi Jamie Hickey, RD.
 

4. Tenangkan dengan secangkir teh


"Teh membantu kenyamanan dan menenangkan perut lapar, serta menghidrasi tubuh sehingga terasa kenyang," kata ahli gizi klinis Christina Towle.

Dia merekomendasikan teh yang mengandung adaptogen yang menambah dorongan ekstra yang memuaskan tubuh tanpa kalori. Adaptogen adalah herbal yang dapat menangkal respon stres tubuh.
(FIR)