FITNESS & HEALTH

5 Makanan Berbahaya yang tanpa Orang Tua Sadari Diberikan kepada Anak

Raka Lestari
Kamis 23 September 2021 / 16:51
Jakarta: Banyak anak-anak sudah mulai mengonsumsi makanan dengan kandungan gula pada usia yang sangat muda. Hal ini menyebabkan indera perasa anak berkurang kepekaannya, sehingga makanan biasa tampak tidak menarik lagi bagi mereka. Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan.

Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa berbahaya yang tidak disadari orang tua:
 

1. Jus kemasan


Jus populer di kalangan anak-anak dari berbagai usia. Kemasan jus biasanya cerah dan menarik perhatian anak-anak. Namun sayangnya, segelas jus kemasan mengandung 5-6 sendok teh gula. Gula terlarut segera diserap ke dalam aliran darah yang buruk untuk metabolisme karbohidrat.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan, makan buah daripada minum jus. Berkat serat dalam buah, sari buah akan diserap secara bertahap. Orang tua juga bisa mencoba membuatkan anak-anak jus segar atau smoothie.
 

2. Yogurt


Untuk memilih yogurt yang sehat, orang tua perlu membaca bahan-bahannya. Pertama, jangan membeli produk yogurt paling berbahaya yang tidak disimpan di lemari es, tetapi di rak terbuka.

Kedua, beli yogurt alami daripada yang manis. Yogurt dengan rasa tambahan biasanya mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang menyebabkan anak-anak menjadi kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko terkena diabetes.
 

3. Sereal instan


Sereal gandum, muesli, dan makanan sejenis lainnya terlihat sangat sehat dalam iklan yang mengklaim bahwa mereka mengandung banyak vitamin dan mineral. Faktanya, makanan ini tidak mengandung unsur sehat. Tapi apa yang mereka mengandung adalah banyak gula.

Semua elemen sehat dari jagung atau gandum dihilangkan selama produksi dan hanya menyisakan karbohidrat. Sangat sulit untuk memuaskan rasa lapar dengan makanan ini, jadi hanya beberapa jam kemudian biasanya anak akan lapar lagi.
 

4. Madu


Anak-anak sebelum usia 2 tahun tidak boleh makan madu. Ini bukan hanya tentang kemungkinan reaksi alergi tetapi terkadang madu mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit menular serius yang disebut botulisme.
 

5. Milkshake


Dihadapkan dengan pilihan antara soda dan milkshake, setiap orang tua pasti akan memilih milkshake. Tapi ternyata, mereka sama berbahayanya dengan soda dan mengandung banyak lemak dan gula.

Mengonsumsi minum minuman berlemak seperti itu secara teratur dapat menyebabkan perkembangan penyakit kardiovaskular. Produk ini berbahaya bahkan untuk orang dewasa, apalagi anak-anak.
(FIR)