FITNESS & HEALTH

Bikin Indra Bruggman Kurus, Ini 8 Manfaat Lain Bersepeda

Sri Yanti Nainggolan
Rabu 15 September 2021 / 12:00
Jakarta: Bersepeda membantu aktor Indra Bruggman menurunkan berat badan. Kini, perawakan Indra terlihat berbeda jauh.

"Gue tuh sepedaan bisa dari Tebet ke Bogor dan itu seminggu sampai tiga kali. Gue baru menemukan teman-teman yang suka sepedaan. Jadi gue ikut sama mereka, seminggu tiga kali sampai empat kali gue ikut sama mereka. Makanya kurus karena itu," jelas Indra Bruggman saat berbincang dengan Melaney Ricardo di Youtube. 

Ternyata, bersepeda memiliki banyak keuntungan lain selain menurunkan berat badan. Dilansir dari Healthline, ini beberapa manfaat olahraga bersepeda bagi kesehatan. 

1. Mengatur berat badan

Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh. Hal ini mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Dampaknya, metabolisme meningkat dan otot terbentuk. Kalori tetap terbakar meskipun sedang jeda di sela aktivitas bersepeda. 

2. Memperkuat kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki. Tepatnya di area paha depan, bokong, paha belakang, dan betis. 

3. Bagus untuk pemula

Naik sepeda itu sederhana. Jika Anda mengalami kesulitan dengan sepeda standar, cobalah sepeda stasioner. Anda juga bisa memulai dengan intensitas atau kecepatan rendah. 

Baca: Indra Bruggman Sekarang Kurus dan Pucat, Ternyata Ini Penyebabnya

4. Melatih otot inti

Bersepeda juga melatih otot inti, termasuk punggung dan perut. Mempertahankan tubuh tegak dan menjaga sepeda pada posisinya membutuhkan sejumlah kekuatan inti.

Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.
 

5. Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Fokus pada jalan saat bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. 

Jika Anda merasa lesu atau lesu, cobalah bersepeda selama 10 menit. Olahraga ini melepaskan endorfin, yang pada membantu membuat perasaan lebih baik dan menurunkan tingkat stres.

6. Mencegah kondisi medis

Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan masalah kesehatan yang menyertainya.

Olahraga ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

7. Ramah lingkungan

Kurangi jejak karbon dengan mengendarai sepeda. Bersepeda adalah pilihan transportasi yang tepat bagi Anda yang harus duduk untuk waktu lama dalam perjalanan. 

8. Meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi

Olahraga bersepeda meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi sangat penting untuk menjaganya. Peningkatan keseimbangan ini membantu dalam pencegahan jatuh dan patah tulang.
(SYN)