FITNESS & HEALTH

4 Cara Mengenali Masker Medis Palsu Menurut Ahli

Yuni Yuli Yanti
Kamis 22 Juli 2021 / 11:30
Jakarta: Saat ini, masker sudah menjadi barang wajib yang dipakai sehari-hari. Banyak yang menggunakan masker kain agar bisa dicuci ulang dan supaya lebih irit. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang memilih masker medis sekali pakai karena dianggap lebih praktis. 

Melansir Instagram dr. Samuel Pola Karta Sembiring, karena meningkatnya permintaan penggunaan masker medis, maka produksi masker pun harus meningkat. Hal ini ternyata dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga banyak sekali masker medis palsu yang beredar. 

Perlu diketahui, penggunaan masker medis palsu dapat berdampak buruk karena tidak dapat menekan penularan virus. 


(Kini masker medis palsu mulai banyak beredar. Hal ini sangat mengawatirkan sebab penggunaan masker palsu berpotensi gagal menekan penularan virus. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Dr. Sam menyebutkan ada empat cara untuk mengenali masker medis palsu, yaitu:

 

1. Potong masker dan buka lapisannya


Periksa apakah ada tiga lapis atau kurang dari tiga lapis. Yang asli harusnya memiliki tiga lapis atau lebih. 

 

2. Uji embus


Mengembus mancis, lilin atau korek api dengan masker terpasang. Ingat, masker yang baik dan asli, api tidak dapat dipadamkan saat anda meniupnya. 

 

3. Bakar masker


Masker asli mengandung plastik polypropylene, sehingga jika dibakar masker akan meleleh. Sementara, masker palsu terbuat dari kertas yang jika dibakar akan hangus terbakar seperti kertas dan meninggalkan jejak hitam. 

 

4. Cek izin edarnya


Selain cara tadi, kamu juga bisa mengecek izin edar suatu produk masker dengan mudah. Kamu bisa langsung akses ke link infoalkes.kemkes.go.id.



(yyy)