FITNESS & HEALTH

7 Makanan Ini Bantu Atasi Sakit Kepala

Yuni Yuli Yanti
Senin 22 Februari 2021 / 14:11
Jakarta: Saat kamu sakit kepala, hal termudah untuk dilakukan adalah meminum beberapa pil hingga rasa sakit berkurang. Namun, terlalu sering mengonsumsi pil juga tidak baik lho. Terutama, jika tidak membantu menyembuhkan masalah jangka panjang. 

Ada cara alami dan enak untuk mengatasi sakit kepala yaitu dengan makanan. Jadi mari kita mengenal makanan yang membantu mengatasi sakit kepala dan bagaimana caranya melansir dari Fustany:

 

1. Semangka

Dengan dimulainya musim panas, tibalah awal musim semangka. Terkadang sakit kepala datang karena kurangnya hidrasi. Sepiring semangka berair yang enak tentu bisa membantu. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi smoothie semangka.

 

2. Pisang 

Alasan lain mengapa sakit kepala sering terjadi adalah karena rendahnya kalium dalam tubuh. Karena itu, tingkatkan asupan kalium dengan mengonsumsi beberapa buah pisang. Pisang juga kaya magnesium yang dapat membantu meredakan sakit kepala.


(Yoghurt adalah makanan yang kaya kalsium, dan akan membantu fungsi otak secara efisien. Foto: Dok. Pexels.com)

 

3. Yoghurt

Nyeri yang berdenyut-denyut di kepalamu mungkin juga berarti bahwa tubuh sedang membutuhkan kalsium. Yoghurt adalah makanan yang kaya kalsium, dan akan membantu fungsi otak secara efisien. Jangan menambahkan gula apapun ke dalam yogurt, biarkan kalsium melakukan triknya.

 

4. Apel

Apel kaya akan senyawa kimia yang disebut flavonoid, dan telah terbukti menurunkan tekanan darah serta menghilangkan stres. Karena stres adalah salah satu gejala utama sakit kepala, makan apel atau sari apel, itu akan meredakan sakit kepala dan membuatmu rileks.

 

5. Mentimun

Kamu telah memerhatikan bahwa sakit kepala seringkali kambuh saat musim panas. Karena tubuh kita tidak terhidrasi seperti biasanya saat di musim dingin. Kekurangan hidrasi adalah alasan utama mengapa kita sakit kepala. Mentimun bisa banyak membantu dalam hal ini. Buah ini terdiri dari 95 persen air sehingga membantu dehidrasi dan melawan sakit kepala.


(Vitamin dalam jamur terbukti dapat menurunkan frekuensi migrain. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Jamur

Jamur dan biji-bijian sama-sama memiliki Vitamin B-2, yang juga ditemukan dalam salmon dan daging merah. Vitamin ini terbukti dapat menurunkan frekuensi migrain.

 

7. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau juga bisa membantu meredakan sakit kepala karena mengandung magnesium, vitamin B dan folat. Sakit kepala dan migran lebih mungkin terjadi pada wanita dengan kadar folat rendah, jadi pastikan kamu menambahkan lebih banyak kangkung dan bayam ke dalam makananmu sehari-hari ya.
(yyy)