FITNESS & HEALTH

9 Faktor Risiko TBC

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 09 Oktober 2020 / 18:09
Jakarta: Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru dan menyebabkan gangguan pernapasan. Siapapun bisa terkena tuberkulosis, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Dikutip dari Mayo Clinic, setidaknya ada 9 faktor risiko kamu terkena TBC. Berikut ini faktor-faktor tersebut.

1. Sistem kekebalan yang lemah

Sistem kekebalan yang sehat sering kali berhasil melawan bakteri TBC. Tetapi, perlu diingat bahwa tubuh kamu tidak dapat membangun pertahanan yang efektif jika daya tahanmu rendah. 

Sejumlah penyakit, kondisi, dan obat-obatan pun dapat melemahkan sistem kekebalan kamu. Di antaranya, HIV / AIDS, diabetes, penyakit ginjal yang parah, kanker tertentu, hingga pengobatan kanker seperti kemoterapi.

Kemudian, malnutrisi, usia yang sangat muda atau lanjut usia (lansia), dan penggunaan obat untuk mencegah penolakan organ transplantasi. Begitu juga beberapa obat yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, penyakit Crohn dan psoriasis. 

2. Bepergian atau tinggal di daerah tertentu

Risiko tertular tuberkulosis lebih tinggi pada orang yang tinggal di atau bepergian ke daerah yang memiliki angka TB tinggi dan tuberkulosis yang resistan terhadap obat. Di antaranya, Afrika, Eropa Timur, Asia, Rusia, Amerika Latin, maupun Kepulauan Karibia.

3. Kemiskinan

Jika kamu berpenghasilan rendah atau tetap, tinggal di daerah terpencil, baru saja berimigrasi ke Amerika Serikat, atau merupakan tunawisma, kamu mungkin kekurangan akses ke perawatan medis yang diperlukan untuk mendiagnosis dan mengobati TB.

4. Penggunaan zat

Penggunaan obat-obatan IV atau alkohol berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalanmu dan membuat kamu lebih rentan terhadap TBC.

5. Penggunaan tembakau

Menggunakan tembakau sangat meningkatkan risiko terkena TB dan kematiannya.

6. Pekerjaan perawatan kesehatan

Kontak secara teratur dengan orang yang sakit meningkatkan kemungkinan kamu terpapar bakteri TBC. Kamu bisa mengurangi risiko dengan mengenakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun.

7. Tinggal atau bekerja di fasilitas perawatan residensial

Orang yang tinggal atau bekerja di penjara, tempat penampungan tunawisma, rumah sakit jiwa atau panti jompo, semuanya berisiko lebih tinggi terkena tuberkulosis. Hal itu karena risiko penyakit lebih tinggi di mana pun terdapat kepadatan berlebih dan ventilasi yang buruk.

8. Tinggal di atau beremigrasi dari negara di mana TB umum terjadi

Orang-orang dari negara di mana TB umum terjadi mungkin berisiko tinggi terkena infeksi TB.

9. Hidup dengan seseorang yang terinfeksi TBC

Tinggal bersama seseorang yang mengidap TBC meningkatkan risiko kamu terkena TBC.
(YDH)