FITNESS & HEALTH

3 Basic Higienitas yang Perlu Kamu Lakukan dalam Pandemi

Yatin Suleha
Kamis 26 November 2020 / 15:50
Jakarta: Kebersihan saat ini menjadi satu gaya hidup baru. Selain memakai masker, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak, WHO juga menyarankan ada beberapa basic higienitas atau kebersihan yang baik untuk dilakukan dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini.

Secara reguler ada baiknya kamu membersihkan permukaan peralatan yang ada di rumah. Lap bersih di beberapa benda yang sering dipegang bersama-sama dalam keluarga.

Ini termasuk saklar listrik, pegangan pintu, remote, handphone, dan barang lainnya yang sering disentuh di dalam rumah. Disinfeksi dengan cara membubuhkan cairan disinfeksi atau alkohol di atas tisu lalu lap bersih. 

Dalam sebuah analisis penelitian baru dalam database preprint medRxiv Maret silam ditemukan bahwa virus korona dapat tetap hidup di udara hingga 3 jam, pada tembaga hingga 4 jam, pada kardus hingga 24 jam dan pada plastik dan stainless steel hingga 2 hingga 3 hari.

Untuk itu pembersihan secara rutin pada beberapa barang di rumah sebaiknya rutin kamu lakukan. Selain itu beberapa hal mendasar lainnya yang direkomendasikan oleh WHO:


korona
(Bersihkan secara rutin berbagai permukaan perlatan di rumah. Foto: Pexels.com)
 

1. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut


Tangan kamu menyentuh banyak barang dan permukaan benda. Sekali terkontaminasi dan terdapat virus korona bisa masuk ke dalam tubuh kamu serta menginfeksi tubuh.
 

2. Etika batuk


Lakukan etika batuk yang benar. Misalnya dengan menekuk tangan jika tak ada tisu. Buang tisu jika kamu sudah bersin dan cuci tangan kamu dengan sabun di air mengalir. Dengan mengikuti higienitas respiratory yang baik kamu memproteksi orang di sekitar dari berbagai virus termasuk virus flu atau covid-19.
 

3. Gunakan masker


Robert F. Garry, Jr., PhD, profesor mikrobiologi dan imunologi, di Tulane University School of Medicine bilang bahwa menggunakan masker bahkan masker kain sekalipun dapat memblokir sekitar 40-60 persen droplet. 

Jadi, jangan lupakan untuk tetap menjaga kebersihan rumah, melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melakukan protokol kesehatan 3M salah satunya yaitu memakai masker.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)