FITNESS & HEALTH

Baju Baru Anak Wajib Dicuci di saat Pandemi

Kumara Anggita
Sabtu 17 Oktober 2020 / 12:04
Jakarta: Selama pandemi masih berlangsung, kita harus ekstra hati-hati berada di luar. Kita harus menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak dan juga memakai masker. 

Tak hanya itu, saat belanja baju kamu juga perlu hati-hati. Pastikan kamu selalu mencuci baju yang baru didapat sebelum dipakai, khususnya baju untuk anak. 

Sera Yolanda, Owner Baby Laundry menjelaskan bahwa banyak orang percaya bahwa tampilan dari baju yang bersih menunjukkan bahwa baju itu aman. Namun tak demikian. Baju dari luar itu memiliki banyak risiko. 

“Baju yang baru dibeli pastinya menyimpan jutaan bakteri, kuman, bahkan virus tak kasat mata. Karena baju mengalami banyak perpindahan tangan mulai dari pabrik hingga ke tangan konsumen,” paparnya dalam Aplikasi Orami Parenting.

“Selain itu kandungan zat kimia seperti pewarna tekstil, dan formaldehyde yang berfungsi untuk mencegah baju jadi kusut atau menyusut, mungkin masih tertinggal pada pakaian yg baru dibeli,” lanjutnya. 

Menurutnya ini berbahaya, zat-zat tersebut bisa berisiko bagi pernapasan anak dan kulit anak yang sensitif. 

“Zat-zat tersebut bisa menimbulkan alergi pada kulit anak dan aroma dari kimianya bisa jadi punya efek samping terhadap pernafasan anak,” ujarnya. 

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mencuci baju-baju tersebut sebelum diberikan pada anak. Bayangkan kalau anak secara tak sengaja mengiggit bajunya yang sudah tertempel virus korona. Sangat mengerikan bukan?

“Jadi kalo beli baju baru apalagi untuk persiapan newborn sebaiknya dicuci dulu ya, biar nyaman dan aman dipakai si kecil,” ungkapnya.

Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(YDH)