FITNESS & HEALTH

5 Cara Menambahkan Kunyit untuk Perawatan Kecantikan

Raka Lestari
Jumat 16 Oktober 2020 / 09:44
Jakarta: Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan di dapur. Warnanya terang juga terkadang dibuat sebagai pewarna makanan alami. Dan memang, kegunaan kunyit biasanya tidak jauh untuk makanan atau minuman.

Akan tetapi, sebenarnya kamu bisa menambahkan kunyit dalam rutinitas perawatan kecantikan seperti berikut ini:


Sebagai pencerah kulit 


“Tambahkan sejumput bubuk kunyit pada lotion atau pelembap yang biasa digunakan setiap hari. Dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, kunyit yang ditambahkan tersebut dapat mengurangi kemerahan dan secara efektif membantu kulit dari dalam,” ujar Blossom Kochlar, founder Blossom Kochlar Magic.
 

Mengikis kulit mati di bibir


Kunyit juga bisa diaplikasikan sebagai lip scrub. Selain itu, kunyit juga dapat menyeimbangkan pigmentasi pada bibir. Dan cara yang paling mudah adalah dengan mencampurnya dengan lip balms atau petroleum jelli. “Sifat alami kunyit dapat menutrisi bibir dan membuatnya lebih lembut,” tambah Blossom.


Efektif untuk deep cleansing dan mencerahkan kulit 


Menurut Blossom, kamu bisa menggunakan kunyit sebagai masker dan menambahkannya dengan tepung chickpea, yoghurt, lemon, susu. “Kombinasikan masker tersebut dengan bahan alami lainnya seperti minyak kelapa dan madu. Ini dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan komedo,” ujarnya.


Sebagai penghilang mata panda dan bengkak


“Campurkan bubuk kunyit dengan essential oils atau dadih dan aplikasikan langsung di bawah mata selama beberapa menit. Ini akan merawat area yang terkena dan secara signifikan akan mengurangi bengkak,” tambah Blossom.
 

Kunyit dapat mencerahkan dasar riasan


Blossom menyarankan untuk mencerahkan warna foundation dengan menambahkan sejumput bubuk kunyit. “Pastikan untuk memadukan bubuk kunyit dengan foundation dengan baik untuk mendapatkan warna keemasan yang tepat. tambahkan sesuai dengan keinginan kamu,” kata Blossom.

“Dengan mencampur foundation dengan kunyit, akan memberikan efek kilau yang tahan lama pada kulit. Meskipun demikian, hal ini paling cocok untuk orang dengan warna kulit kuning langsat atau kehitaman karena kunyit dapat menyebabkan noda kuning pada orang yang memiliki kulit putih,”tambah Blossom.
(YDH)