FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Minum Teh Earl Grey bagi Kesehatan Tubuh

Raka Lestari
Sabtu 10 April 2021 / 15:32
Jakarta: Earl grey merupakan salah satu jenis teh yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ada banyak teori dan cerita seputar asal-usul teh earl grey ini.

Nama earl grey itu sendiri diambil dari Perdana Menteri Inggris pada awal 1830-an, yaitu Earl Charles Grey. Namun, kebenaran hubungannya dengan teh tidak diketahui.

Meskipun demikian, yang pasti adalah Earl Grey bukanlah teh hitam biasa. Teh ini adalah teh hitam yang tidak hanya dikombinasikan dengan ekstrak jeruk bergamot, melainkan juga orang telah meminumnya di seluruh dunia selama ratusan tahun.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh earl grey bagi kesehatan:
 

1. Menjaga hidrasi tubuh


Minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan ternyata, meskipun teh earl grey mengandung kafein, ternyata minum teh ini bisa membantu dalam menjaga hidrasi tubuh. Dengan minum teh earl grey, kamu bisa tetap berenergi karena kandungan kafeinnya tanpa harus menyebabkan rasa haus yang biasa dialami setelah minum kopi.
 

2. Mendukung kesehatan jantung


Menurut Healthline, teh earl grey juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bergamot yang ditemukan dalam teh ini memiliki khasiat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir earl grey sehari memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Orang dengan hipertensi memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.  
 

3. Mengatasi gangguan perut


Menurut NDTV Food, mengonsumsi teh earl grey dapat membantu meredakan sembelit atau refluks asam, karena memperkuat pencernaan alami tubuh. Selain itu, teh earl grey juga dapat meningkatkan metabolisme, yang dikenal dapat membantu menurunkan berat badan.
 

4. Meredakan stres


Salah satu aspek unik dari minuman ini adalah dapat bekerja untuk meredakan stres. Jeruk bergamot yang ditemukan di dalam earl grey memiliki sifat aromaterapi alami, yang bisa sangat menenangkan setelah hari yang melelahkan.

Untungnya, teh earl grey juga tersedia dalam bentuk yang tanpa kafein. Sehingga aman jika ingin dikonsumsi sebelum tidur.
(FIR)