FITNESS & HEALTH

Benarkah Orang Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan?

Raka Lestari
Kamis 08 April 2021 / 08:17
Jakarta: Menurunkan berat badan adalah suatu hal yang membutuhkan waktu, dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, serta kebiasaan gaya hidup. Itulah mengapa setiap individu memiliki kecocokan diet yang berbeda-beda. Namun, ada satu hal yang katanya juga dapat memengaruhi proses penurunan berat badan yaitu  tinggi badan.

Melansir Times of India, jika kamu dan temanmu memiliki berat badan yang sama dan diet yang sama serta rutinitas olahraga yang sama tetapi kamu lebih pendek dari temanmu, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menurunkan berat badan.

Alasannya, karena tubuh yang lebih pendek akan membutuhkan lebih sedikit energi sehingga membakar lebih sedikit kalori.


(Massa otot yang lebih banyak berarti BMR yang lebih tinggi dan penurunan berat badan yang lebih cepat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Seseorang yang pendek secara alami akan memliki massa otot yang lebih sedikit. Massa otot terdapat pada jaringan, otot, organ, tulang, dan jaringan ikat. Jumlah kalori yang dibakar melalui berbagai aktivitas fisik pun tergantung pada jumlah massa otot yang ada di tubuh.

Massa otot akan memengaruhi basal metabolic rate (BMR) atau tingkat metabolisme basal yang menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat. Massa otot yang lebih banyak berarti BMR yang lebih tinggi dan penurunan berat badan yang lebih cepat.

Selain itu, orang pendek juga memiliki otot yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang lebih tinggi. Kedua faktor ini menyulitkan orang yang bertubuh pendek untuk menurunkan berat badan lebih cepat daripada mereka yang lebih tinggi.

 

Cara efektif menurunkan berat badan untuk orang pendek


Mungkin sulit bagi orang yang bertubuh pendek untuk menurunkan berat badan, tetapi mengikuti beberapa aturan sederhana seperti berikut ini dapat mempermudahnya:

Makan lebih sedikit: Karena orang pendek membakar lebih sedikit kalori, jadi mereka perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori.  Makanlah hanya sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan dan jangan memanjakan diri dengan makanan yang tidak sehat.


(Angkat beban sebenarnya membantu menambah massa otot, yang pada akhirnya dapat membakar lebih banyak kalori. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Angkat beban: Untuk orang yang lebih pendek, latihan kekuatan sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Angkat beban sebenarnya membantu menambah massa otot, yang pada akhirnya dapat membakar lebih banyak kalori.

Tambahkan protein dalam makanan: Asupan protein penting bagi orang yang mencoba mengurangi berat badan. Protein adalah bahan pembangun sel dan penting untuk pemulihan otot yang sakit.
(yyy)