FITNESS & HEALTH

Definisi Prolaps Organ Panggul serta Faktor Risikonya

Raka Lestari
Sabtu 14 November 2020 / 18:06
Jakarta: Posisi rahim yang normal seharusnya berada tepat di atas vagina, namun posisi tersebut dapat berubah, menurun ke vagina dan hal ini dapat disertai penurunan organ panggul lainnya. Kondisi rahim yang turun, biasa dikenal dengan turun peranakan. Hal ini merupakan bagian dari penurunan organ panggul secara keseluruhan.

"Prolaps organ panggul (POP) adalah turun atau menonjolnya dinding vagina ke dalam liang vagina atau luar vagina yang kemudian diikuti dengan organ-organ pelvik (rahim, kandung kemih, usus, atau rektum) akibat kelemahan struktur penyokong dasar panggul," jelas dr. Astrid Yunita, Sp.OG (K), Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Uroginekologi di RS Pondok Indah-Pondok Indah.

Menurut dr. Astrid, prolaps organ panggul bisa terjadi pada wanita di usia berapa pun, meski kondisi ini lebih banyak dialami oleh wanita pada usia setelah menopause, atau wanita yang pernah melahirkan normal. Prolaps ini dapat meliputi tiga area yaitu prolaps anterior, prolaps posterior dan prolaps apikal/serviks.

Ia juga mengatakan bahwa penyebab dan faktor risiko terjadinya prolaps umumnya multifaktoral (dapat lebih dari satu penyebab), yang meliputi beberapa faktor risiko yang terjadi secara bersamaan, antara lain:

- Genetik dan ras, berkaitan dengan kolagen dan elastin yang mempengaruhi kualitas jaringan penyokong pelviks

- Riwayat kehamilan dan persalinan misalnya kehamilan berulang, riwayat kehamilan dan persalinan dengan bayi besar, riwayat persalinan berbantu dengan alat vakum/forceps

- Riwayat pembedahan seperti angkat rahim, operasi prolaps sebelumnya

- Terapi yang mengganggu persarafan pelviks, misal terapi radiasi, trauma akibat kecelakaan

- Obesitas

- Konstipasi

- Pekerjaan atau aktivitas fisik serta kebiasaan angkat berat

- Penyakit paru kronik atau batuk kronik

- Tumor abdomen, tumor rongga pelviks dan penumpukan cairan di rongga perut.

- Proses penuaan, menopause, dan status estrogen

- Kebiasaan merokok. 
(YDH)