FITNESS & HEALTH

Berapa Lama Serangan Panik Bisa Terjadi?

Kumara Anggita
Selasa 06 April 2021 / 20:10
Jakarta: Serangan panik adalah serangan mendadak yang membuat kamu merasa takut, tidak nyaman, dan seperti kehilangan kendali. Meski tidak ada bahaya ini datang tiba-tiba dan beberapa merasakannya seperti serangan jantung.

Tentunya ini bukanlah momen yang menyenangkan dan ingin segera diakhiri secepat mungkin. Kira-kira berapa lama ya serangan ini umumnya bertahan? 

Mengutip dari Healthline, kebanyakan serangan panik hanya berlangsung beberapa menit meskipun sering kali terasa seperti seumur hidup ketika kamu mengalaminya langsung. Gejala biasanya memuncak dalam 10 menit dan kemudian mulai menghilang.

Mungkin saja terjadi serangan panik yang sangat lama atau pendek. Beberapa serangan dapat mencapai puncaknya dalam beberapa detik, dengan keseluruhan serangan hanya berlangsung beberapa menit, sementara yang lain mungkin berlangsung lebih lama.

Sebagian besar penelitian menggambarkan serangan panik bisa berlangsung hingga 30 menit. Beberapa laporan dari individu menggambarkan serangan yang berlangsung berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Menurut beberapa ahli, jika gejala tidak memuncak dalam 10 menit, itu tidak dianggap sebagai serangan panik (yang menyebabkan kepanikan tiba-tiba). Ini justru dianggap sebagai kecemasan tinggi. 

Saat ini terjadi hal yang dapat kamu lakukan adalah bernapas. Kamu mungkin mengalami hiperventilasi saat itu. Oleh karena itu, menstabilkan pernapasan dapat dengan cepat menenangkan respons tubuh kamu terhadap 'pertarungan atau lari'.

Coba hitung napas kamu. Tarik napas dan keluarkan. Hitung hingga 10 dan mulai lagi hingga pernapasan kamu kembali normal.

Strategi lainnya juga bisa dilakukan yaitu menyadari bahwa yang kamu alami adalah serangan panik, temukan objek untuk difokuskan, atau berlatih relaksasi otot

Cara lain dari ahli juga bisa kamu lakukan misalnya mengulangi kata-kata positif yang membuat kamu tenang atau malah berolahraga. Dan, semoga dengan ini kamu bisa 'kembali' ke masa sekarang dan merasa lebih tenang lagi.

(TIN)