FITNESS & HEALTH

Pasien Diabetes Boleh Makan Apa Saja, Asal Jangan Berlebihan

Raka Lestari
Kamis 08 April 2021 / 14:00
Jakarta: Banyak pasien diabetes yang membatasi makanan-makanan tertentu seperti makanan manis atau nasi putih. Bahkan harus menghentikan asupan makanan kesukaan mereka sama sekali. 

Padahal sebenarnya, bagi pasien diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi makanan tertentu misalnya seperti makanan manis atau nasi putih selama tidak berlebihan.

“Diabetes itu intinya mindful dan balance. Tidak ada makanan yang tidak boleh untuk diabetes, atau bagus banget untuk diabetes. Itu tidak ada sebenarnya,” ujar dr. Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD, Staff Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI dalam acara #BeatDiabetes Online Festival 2021 pada Rabu, 7 April 2021.

Menurutnya, pola makan untuk pasien diabetes itu tidak boleh berlebihan. “Gula misalnya, itu boleh-boleh saja asalkan maksimal 25 gram sehari untuk pasien diabetes. Madu juga boleh-boleh saja untuk pasien diabetes," katanya.

"Memang tidak ada rekomendasi khusus untuk madu, tetapi ada studi yang menyebut bahwa maksimal 25 gram sehari masih boleh,” tambah dr. Dicky.

“Kalau pasien diabetes yang suka makanan manis, bisa juga memilih pemanis buatan yang bebas kalori karena kan bukan cuma dari manisnya itu saja tetapi juga dari total kalori yang dikonsumsi sehari berapa,” ujar dr. Dicky.

Ia menambahkan, “Misalnya pasien diabetes harus mengonsumsi 1.500 kalori per hari tetapi konsumsinya mencapai 2000 per hari. Maka kelebihannya ini akan disimpan dalam bentuk lemak, yang menyebabkan berat badan naik sehingga risiko diabetes juga meningkat,” jelas dr. Dicky.

“Tidak hanya bagi pasien diabetes, tetapi masyarakat umumnya juga sebaiknya membatasi asupan karbohidrat sederhana. Kenapa dibatasi, karena karbohidrat sederhana ini akan dengan cepat menaikkan gula darah sehingga akan membuat pankreas bekerjaii keras,” ujar dr. Dicky.

Menurutnya, karbohidrat sederhana yang berlebihan ini juga mudah disimpan dalam cadangan lemak.

“Selain itu, tidak hanya pasien diabetes ya sebaiknya kurangi minuman kekinian seperti boba misalnya. Satu gelas boba itu bisa mengandung 500 kalori. Jadi, sekali minum itu sudah setara dengan 1 porsi makan sendiri,” tambah dr. Dicky.

“Karbohidrat sederhana itu tidak membuat kenyang. Memang enak, segar, tapi nanti kita akan lapar lagi. Jadilah konsumsi makanannya akan nambah lagi,” tutup dr. Dicky.
(TIN)