FITNESS & HEALTH

Bahaya Makan Telur Setiap Hari Menurut Pakar Kesehatan

Kumara Anggita
Sabtu 10 April 2021 / 10:07
Jakarta: Telur merupakan makanan yang sudah populer dan memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuhmu, membantu mendorong upaya penurunan berat badan, dan bahkan membantu kamu berpikir lebih jernih dan efektif.

Kendati demikian, banyak yang berpendapat bahwa makan telur setiap hari bukan ide yang bagus. Kira-kira apa pendapat para pakar kesehatan?

Mengutip dari Eat This, Not That Ahli Kesehatan di Mayo Clinic menyebutkan kamu boleh makan telur. Namun bila berlebihan, ini akan berdampak buruk bagi mereka yang sudah mengidap penyakit tertentu.
 

Risiko penyakit jantung


"Kebanyakan orang sehat bisa makan hingga tujuh telur seminggu tanpa meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kamu menderita diabetes, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan tujuh telur seminggu meningkatkan risiko penyakit jantung,” tulis Francisco Lopez-Jimenez, M.D., dari Mayo Clinic.

Penelitian lain belum mengkonfirmasi hal ini. Dan lebih banyak penelitian pada akhirnya perlu dilakukan yang menetapkan hubungan antara telur dan diabetes dan penyakit jantung.
 

Risiko diabetes lebih besar


Selain itu, konsumsi terlalu banyak telur dihubungkan dengan risiko diabetes yang tinggi. Studi baru besar-besaran yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Australia Selatan, Universitas Qatar, dan Universitas Kedokteran China telah melihat kaitannya.

Studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, berfokus pada hampir 30 tahun data (1991 hingga 2019) untuk sekitar 9.000 orang dewasa di Tiongkok, di mana kasus diabetes terus meningkat. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan lebih dari 50 gram per hari atau setara dengan makan satu telur per hari memiliki peningkatan risiko diabetes hingga 60%.

Studi tersebut juga menemukan bahwa korelasi antara konsumsi telur setiap hari dengan diabetes lebih besar pada perempuan dibandingkan pada pria.

Seperti yang dicatat Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic, lebih banyak penelitian mungkin perlu dilakukan. Tetapi jika kamu berkomitmen untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes seperti yang disebutkan sebelumnya, pertimbangkan untuk makan kurang dari tujuh telur per minggu.
(FIR)