FITNESS & HEALTH

Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Rambut

Raka Lestari
Minggu 17 Januari 2021 / 17:33
Jakarta: Minyak bunga matahari biasanya digunakan untuk makanan. Namun ternyata, minyak bunga matahari juga mempunyai manfaat lain untuk rambut. Minyak bunga matahari dianggap dapat memperkuat, melembutkan, dan menghaluskan rambut. 

Dikutip dari Healthline, minyak bunga matahari kaya akan vitamin E, asam oleat, asam linoleat, dan sesamol, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan rambut dengan caranya masing-masing. Misalnya, baik vitamin E dan sesamol merupakan antioksidan, yang membantu mengurangi stres oksidatif yang dialami rambut dengan "menetralkan radikal bebas". 

Sementara itu, dua pelembap yaitu asam oleat dan linoleat, dapat membantu menghentikan kerusakan rambut dan melembapkan rambut dan kulit kepala, membantu mengatasi segala hal mulai dari ketombe hingga rambut yang kusut. Dan karena minyak bunga matahari mengandung semua bahan yang menyehatkan ini, maka dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan penampilan rambut. 

Menurut Style Craze, minyak bunga matahari juga memiliki sifaft anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan, pengelupasan, gatal, dan jerawat di kulit kepala. Itulah mengapa minyak bunga matahari sangat ideal untuk digunakan saat memijat kulit kepala karena dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. 

Minyak bunga matahari juga dapat membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut karena secara alami kaya akan nutrisi yang umum terdapat pada biji bunga matahari. Seperti zat besi, niasin, selenium, dan kalsium, yang membantu melindungi dari kerontokan rambut.

Minyak bunga matahari juga ringan dan tidak terlalu berminyak, sehingga tidak akan membuat rambut kamu terasa berat ketika sedang memakainya. Dan karena ringan, minyak bunga matahari juga tidak akan membuatnya terlihat kotor saat kamu menambahkannya ke produk rambut atau jika ingin menggunakannya sendiri untuk menjinakkan rambut yang kusut. 

Minyak bunga matahari juga mampu "menembus" helai rambut untuk melembapkannya dari dalam. Dan juga dapat melapisi helaian rambut, sehingga membantu menyelamatkan rambut dari kerusakan akibat styling rambut atau penyebab stres pada rambut lainnya.
(YDH)