FITNESS & HEALTH

8 Langkah Perawatan Wajah yang Sempurna

Kumara Anggita
Rabu 20 Januari 2021 / 06:04
Jakarta: Bila kamu ingin mendapatkan kulit yang bercahaya dan sehat, kamu perlu untuk melakukan perawatan wajah yang tepat. Bingung mulainya dari mana?

Berikut 8 langkah perawatan wajah yang sempurna, seperti dilansir Healthline.
 

Langkah 1: Bersihkan


Untuk memaksimalkan setiap langkah, idenya adalah kamu melakukan perawatan di wajah yang bersih. Aturan umumnya adalah jika kamu memakai riasan, kamu harus menggunakan losion pembersih atau minyak terlebih dahulu. Kemudian, kamu bersihkan kembali dengan gel berbusa ringan atau pembersih eksfoliasi untuk menghilangkan residu.
 

Langkah 2: eksfoliasi


Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit kamu, dan membantu memastikan sisa produk yang kamu gunakan terserap dengan baik.
Ada beberapa jenis eksfoliator yaitu :

- Eksfoliator fisik mencakup produk seperti scrub wajah, alat mikrodermabrasi di rumah, atau pisau perencana kulit.

- Eksfoliator kimiawi mengacu pada asam, seperti laktat atau glikolat, yang membantu melarutkan sel kulit mati.


Langkah 3: steam


Sekarang setelah kamu menangani kulit yang baru terkelupas, kamu bisa steam dengan steamer untuk perawatan kulit.

"Ini memanaskan suhu internal kulit dan sedikit melebarkan pori-pori. Ini membuat minyak yang mengeras di pori-pori (alias komedo) sedikit meleleh, membuat ekstraksi lebih mudah dilakukan,” kata Renée Rouleau, ahli kecantikan selebriti dan pendiri lini perawatan kulit eponim.
 
“Ini juga meningkatkan aliran darah ke kulit, dan sangat menghidrasi karena membawa banyak kelembaban ke kulit,”paparnya.
 

Langkah 4: Ekstrak


Jika kamu mempertimbangkan untuk mengekstraksi komedo kamu sendiri, penting untuk melakukannya dengan benar untuk mencegah kerusakan pada kulit dan pori-pori kamu.
 

Langkah 5: Masker


Ada beberapa macam masker, diantaranya:
- Gel
- Clay
- Krim
- Sheet mask

Kamu juga bisa membuat masker yang bagus di rumah dengan bahan-bahan seperti yogurt, madu, oatmeal, alpukat, dan pepaya.

Masker yang tepat untuk kamu tergantung pada jenis kulit kamu. Tetapi apa pun jenis yang kamu pilih, biarkan selama 10-20 menit, lalu bersihkan dengan kain lap basah.
 

Langkah 6: Rawat


Serum adalah perawatan yang tepat sasaran untuk masalah kulit tertentu, seperti keriput dan pigmentasi. Serum mengandung bahan aktif, seperti niacinamide, antioksidan, peptida, vitamin A, C, dan E, dan bahkan retinol topikal. Gunakan serum untuk merawat kulit wajahmu.
 

Langkah 7: Melembabkan


Setelah serum, oleskan pelembab favorit kamu untuk mengunci semuanya.
 

Langkah 8: Pijat


Memasukkan sedikit pijatan ke wajah kamu tidak hanya terasa menyenangkan, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik. Hal ini dapat menghasilkan kulit yang lembab dan sehat. 
(YDH)