FITNESS & HEALTH

Mitos-mitos tentang Ketombe

Kumara Anggita
Kamis 22 Oktober 2020 / 14:10
Jakarta: Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang banyak dialami oleh kita. Dan hal ini membuat mitos tentang ketombe semakin banyak beredar. Apa saja kira-kira mitos tersebut?

Ketombe selalu muncul karena kulit kepala yang kering 


Dikutip dari Self, jika kulit kamu kering atau kamu menghadapi reaksi dermatitis kontak yang mengakibatkan kulit kering, hal itu pasti bisa menyebabkan pengelupasan, gatal, dan bahkan pengelupasan kulit.

Akan tetapi, memiliki kulit kepala yang berminyak juga bisa menjadi faktor utama. Untuk mengatasi ketombe dengan tepat, penting untuk mengetahui apakah kulit kepala kamu cenderung berminyak atau kering.
 

Kamu perlu membersihkan rontokan ketombe sebelum keramas


Anabel Kingsley, ahli trikologi di Philip Kinglsey Trichological Clinic menyebutkan bahwa merontokkan ketombe dengan cara yang tidak benar bisa menyakitkan dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan ini membuat kulit kepala kamu justru rentan terhadap infeksi. 
 

Kamu perlu lebih jarang mencuci rambut ketika ketombean 


Jika kamu berasumsi bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, kamu mungkin tergoda untuk tidak terlalu sering mencucinya. Tetapi apakah penyebabnya adalah kekeringan atau karena justru terlalu berminyak? kamu sebenarnya harus mencuci rambut secara teratur untuk membilas serpihan dan penumpukan kotoran di kulit kepala kamu.

Kamu harus keramas setiap hari dan pakai  sampo anti-ketombe dua kali seminggu. Jika kamu memiliki rambut alami, kamu hanya perlu menggunakan sampo anti-ketombe seminggu sekali.
 

Ketombe tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut.


Tidak banyak penelitian di bidang ini. Ketombe  dianggap tidak menyebabkan kerontokan rambut secara langsung namun ini tetap terkait dengan kerontokan rambut, terutama pada orang yang sudah mengalami kerontokan atau penipisan rambut pada tingkat tertentu. 

Jika kamu sudah mengalami kerontokan rambut, sangat penting untuk mengelola ketombe secara efektif untuk mencegah masalah rambut lebih lanjut.
 

Kamu tidak boleh menggunakan produk penataan rambut jika kamu memiliki ketombe


Jika Anda sedang mengatasi serangan ketombe, kamu mungkin berpikir bahwa Anda harus menghindari menambahkan produk penataan rambut apa pun ke rambut atau kulit kepala kamu. Untuk cara amannya, sebaiknya selidiki produk yang kamu gunakan untuk memastikan produk tidak mengganggu. Tak hanya itu, jangan lupa pula untuk mencuci rambut teratur untuk mencegah penupukan produk.
(YDH)