FITNESS & HEALTH

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak

Raka Lestari
Jumat 30 Oktober 2020 / 07:05
Jakarta: Menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan. Terutama seiring dengan bertambahnya usia.

Lantaran usia terus bertambah itulah, tentu saja kesehatan tubuh juga akan mengalami penurunan. Salah satu yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menjaga kesehatan otak.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak. Salah satunya adalah dengan melakukan pola makan yang bervariasi.

Dikutip dari Mirror.co.uk, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan otakmu:
 

1. Blueberry


Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi bluberi dapat menunda penuaan otak hingga dua setengah tahun. Seorang ahli gizi, Cassandra Barns mengatakan, penelitian menunjukkan makan blueberry mungkin sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan otak, yang diduga disebabkan oleh polifenol yaitu zat yang memberi warna biru pada bluberi
 

2. Kunyit


"Penelitian menyebutkan bahwa rempah-rempah super ini memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari persendian, kulit, jantung, dan pencernaan," kata Cassandra. 

Telah ditemukan pula bahwa kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dan ingatan juga. Termasuk membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
 

3. Ikan


Ikan merupakan makanan yang terkenal baik bagi otak karena kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Otak kita terdiri dari 60% asam lemak, jadi tidak mengherankan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kemampuan otak.

Salah satu ikan yang sangat baik adalah yang memiliki daging berwana merah muda, seperti ikan salmon dan trout.

"Warna merah muda berasal dari astaxanthin antioksidan, yang mungkin memiliki efek perlindungan pada otak kita. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan fungsi kognitif saat kita bertambah tua," ujar Cassandra.
 

4. Sayur-sayuran hijau


Mengonsumsi sayuran memang baik untuk kesehatan, terutama sayur-sayuran berdaun gelap. Seperti kale dan bayam yang kaya akan kandungan magnesium dan kalium.

"Mineral ini sangat penting untuk memungkinkan komunikasi antara otak dan tubuh," jelas Cassandra.

"Selain itu, rumput laut juga bisa dijadikan pilihan karena kaya akan kandungan magnesium, dan rumput laut adalah sumber yodium super, yang mendukung fungsi kognitif seperti memori, pembelajaran, penalaran, dan sebagainya," terangnya.
 

5. Telur


Makanan berwarna kuning seperti kuning telur dan jagung manis kaya lutein. Meskipun lutein paling terkenal karena manfaat kesehatan mata, lutein juga baik untuk otak kita dan diduga memiliki efek perlindungan karena kandungan asam lemak omega-3 yang penting bagi otak dan memori.
(FIR)