FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Jambu Biji, Termasuk Meredakan Nyeri karena Menstruasi

Kumara Anggita
Kamis 03 Juni 2021 / 11:19
Jakarta: Jambu biji merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi lebih sering. Selain rasanya yang enak, jambu biji lebih menyegarkan, banyak air, dagingnya lembut dan yang tak kalah penting, buah ini juga kaya akan nutrisi.

Alhasil, jambu biji memberikan banyak manfaat kesehatan yang mungkin kamu belum pernah dengar sebelumnya. Berikut beberapa manfaatnya yang dilansir dari berbagai sumber.
 

1. Mengontrol berat badan


Jambu biji sarat dengan serat makanan, yang membantu membuatmu kenyang dan mencegah makan berlebihan. Indeks glikemik atau nilai GI jambu biji juga sangat rendah, yang memungkinkan pelepasan gula secara lambat dalam aliran darah. Buah ini juga meningkatkan aktivitas insulin dan manajemen berat badan.
 

2. Mengurangi kerontokan rambut


Jambu biji juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut karena nutrisi yang ada di dalamnya. Buah yang satu ini kaya vitamin A dan C, asam folat, tembaga, kalium, serat, mangan, flavonoid dan fitokimia lainnya. Semua kualitas ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok.
 

3. Menurunkan gula darah


Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Satu studi pada 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Efeknya bertahan hingga dua jam. Tak hanya itu, studi lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10%.
 

4. Meningkatkan kesehatan jantung


Banyak ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi pada daun jambu biji dapat membantu melindungi jantungmu dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kadar kalium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji juga diduga berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.
 

5. Membantu meringankan sakit karena menstruasi


Terdapat beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram menstruasi. Sebuah penelitian pada 1997 perempuan yang mengalami gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat menurunkan intensitas nyeri. Tampaknya bahkan lebih kuat daripada beberapa obat penghilang rasa sakit.
(FIR)