FITNESS & HEALTH

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, Anak Nurul Arifin Meninggal Karenanya

Cindy
Selasa 25 Januari 2022 / 16:36
Jakarta: Putri Nurul Arifin, Maura Magnalia Widyaratri, tutup usia hari ini, 25 Januari 2022. Perempuan berusia 28 tahun itu meninggal karena serangan jantung. 

Muara diketahui meninggal saat tengah duduk di meja makan pada pukul 02.00 WIB. Hingga akhirnya, dia ditemukan asisten rumah tangganya dalam kondisi tak bernyawa pada pukul 04.30 WIB.

"Kami sudah tidur, pas masuk kamar, terus pagi-pagi jam 04.30 WIB lah, pembantu yang menemukan dia," kata Nurul Arifin. 

Faktor penyebab penyakit jantung di usia muda

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2019, ada sekitar 17,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung. 

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Ada beberapa faktor penyebab yang menyebabkan penyakit jantung dapat terjadi di usia muda, yakni:
1. Penyakit diabetes tipe 2 yang dipicu kebiasaan pola makan tidak sehat
2. Kurang atau jarang olahraga
3. Kebiasaan malas bergerak dan sering duduk
4. Kegemukan
5. Tekanan darah tinggi
6. Koleterol tinggi
7. Kebiasaan merokok atau menghisap vape

Baca: Putri Nurul Arifin Meninggal Karena Serangan Jantung, Kenali Gejala Umumnya

Ciri penyakit jantung di usia muda yang perlu diwaspadai

Berikut beberapa ciri penyakit jantung di usia muda yang mungkin jarang disadari atau kerap disalahartikan, dilansir dari Alodokter:

1. Tubuh mudah lemas

Jika Anda tiba-tiba merasa lemas atau napas terengah-engah setelah melakukan aktivitas ringan yang sebelumnya tidak membuat Anda lelah, bisa jadi hal tersebut menandakan ada gangguan pada jantung Anda. Beda halnya jika Anda beraktivitas berat dan merasa lemas. Kondisi ini wajar terjadi. 

2. Nyeri dada yang menjalar

Ciri khas penyakit jantung di usia muda maupun usia tua adalah munculnya nyeri dada berat secara mendadak. Nyeri dada ini dapat menjalar ke lengan, leher, atau rahang. Bahkan, dalam beberapa kasus nyeri dada bisa menyebar hingga ke bahu.  

3. Pusing

Jika pusing muncul secara tiba-tiba dan disertai rasa tidak nyaman, nyeri, atau sesak di dada, Anda perlu mewaspadai tanda ini sebagai penyakit jantung. 

Baca: Putri Nurul Arifin Maura Magnalia Terkena Serangan Jantung, Ayah Ungkap Penyebabnya

4. Nyeri ulu hati

Nyeri ulu hati disertai mual sering kali disebabkan gangguan pada lambung atau masalah pencernaan. Gejala ini terkadang juga muncul akibat penyakit jantung. Nyeri ulu hati yang muncul secara mendadak bisa jadi merupakan ciri penyakit jantung di usia muda. 

5. Sakit pada rahang atau tenggorokan

Nyeri dada akibat penyakit jantung bisa menjalar ke bagian leher, rahang, atau bagian tenggorokan. Jika Anda merasakan keluhan nyeri atau sakit di bagian rahang atau tenggorokan, maka segera periksa ke dokter. 

6. Keringat dingin

Ketika mengalami penyakit jantung, Anda dapat mengalami keringat dingin atau keringat berlebihan secara tiba-tiba. Ciri penyakit jantung di usia muda ini bisa muncul bahkan saat Anda sedang tidak melakukan aktivitas apapun. Keringat dingin juga bisa muncul saat Anda berada di dalam ruangan yang sejuk. 

Baca: Terkena Serangan Jantung, Ini Kronologi Meninggalnya Putri Nurul Arifin
(CIN)