FITNESS & HEALTH

Begini Caranya Makan Nasi Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Yuni Yuli Yanti
Kamis 16 Juni 2022 / 09:00
Jakarta: Nasi adalah makanan pokok bagi orang-orang Asia. Bahkan, ada istilah 'enggak kenyang kalau belum makan nasi'. Oleh sebab itu, nasi menjadi salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan. 

Namun dalam industri diet, nasi memiliki reputasi buruk karena pelepasan karbohidratnya yang cepat. Nasi dianggap dapat meningkatkan gula darah dan membuat seseorang lebih cepat lapar. Tetapi kenyataannya, nasi adalah pilihan yang bagus untuk diet bebas gluten, bebas kolesterol, dan bebas lemak.

Nah, agar kamu tak khawatir berat badan naik ketika mengonsumsi nasi seorang pelatih manajemen gaya hidup dan ahli diet, Surbhi Aggarwal menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti: 
 

1. Lebih banyak lauk, lebih sedikit nasi

Saat kamu makan nasi tetapi tidak ingin berakhir kembung dan begah, kuncinya adalah menjalankan aturan 1/3. Ada cara makan nasi yang seimbang di mana satu porsi dimakan dengan satu porsi lauk dan satu porsi sayuran atau salad. Ini membantumu tetap kenyang lebih lama dan memberimu asupan serat yang baik.
 

2. Pilih basmati

Melansir dari HelathShots, varietas Basmati India tidak hanya aromatik tetapi juga baik bagi penderita diabetes yang tidak bisa menghindari nasi. Khusus pasien diabetes cara terbaik mengonsumsi nasi adalah memadukannya dengan sumber serat yang baik seperti kacang-kacangan dan salad karena serat mencegah gula darah melonjak secara tiba-tiba.


(Nasi basmati. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Makan dalam mangkuk

Setiap kali kamu makan nasi, sajikan dalam mangkuk kecil. Makan dalam mangkuk kecil akan membiasakanmu tidak berlebihan mengonsumsi nasi, sehingga berat badan tetap stabil. 
 

4. Kontrol porsi

Aggarwal mengatakan seseorang harus tetap mengontrol porsi bahkan ketika kamu mengonsumsi nasi setiap kali makan. "Ini satu-satunya cara makan nasi tanpa menambah berat badan," sarannya. 
(yyy)