FITNESS & HEALTH

Alasan Vagina Terasa Sakit selama Menstruasi

Kumara Anggita
Selasa 23 Februari 2021 / 12:20
Jakarta: Kram adalah hal yang umum terjadi saat menstruasi. Namun selain kram, beberapa orang juga kerap merasakan rasa sakit di vaginanya. 

Dikutip dari Healthline, ini bisa terjadi karena efek samping dari proses umum yang terkait dengan menstruasi, atau dapat mengarah ke masalah kesehatan reproduksi yang perlu diwaspadai. 

"Jika kamu merasa harus memegang vagina dan mengambil waktu sejenak untuk menarik dan mengeluarkan napas saat kamu sedang menstruasi, sadarilah bahwa kamu tidak sendirian," ungkap ahli endokrin reproduksi dan OB / GYN Dr. Aimee Eyvazzadeh, MD.

Dr. Eyvazzadeh menambahkan bahwa merasakan sedikit rasa sakit adalah hal yang umum, tetapi jika rasa sakit itu signifikan, mengganggu hidup kamu, atau terjadi di luar periode, mungkin ada kondisi lain yang berkontribusi pada nyeri vagina atau vulva. 

Dr. Eyvazzadeh menyebutkan bahwa bila aspirin dan ibuprofen tidak cukup untuk meredakan nyeri, kamu harus dievaluasi oleh dokter. 

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa vagina kamu lebih sakit selama menstruasi dibandingkan hari biasanya.



Pembengkakan

“Tidak jarang seluruh area panggul kamu membengkak selama menstruasi,” kata OB-GYN Dr. Angela Jones, M.D. dari Astroglide, kepada Bustle.

“Tubuh kamu menahan lebih banyak cairan dari hormon yang terkait dengan menstruasi kamu,” jelasnya. 

Dr. Jones menambahkan saat jaringan vagina dan vulva kamu membengkak, jaringan tersebut bisa terasa nyeri. Ini sangat umum diantara mereka yang memiliki riwayat varises di vulva atau vagina.

 

Perubahan hormonal

Hormon yang bertanggung jawab atas nyeri haid dikenal sebagai prostaglandin. ”Ini biasanya merupakan sumber kram menstruasi, tetapi saraf panggul juga dapat mentransfer rasa sakit ke vagina, paha, atau pantat,” kata ginekolog estetika Dr.Moushumi Shoma Datta, M.D., kepada Bustle.

“Fluktuasi hormon seperti estrogen dan progesteron juga dapat menyebabkan nyeri vagina dengan membuat perubahan pH vagina yang membuatnya lebih sensitif,” tambah Dr. Jones.


(Jika kamu merasakan gatal atau bau pada vagina yang tidak biasa bersamaan dengan rasa sakit, pergi ke dokter untuk dievaluasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Septum Vagina

Jika kamu kesulitan memasukkan tampon, mengalami rasa sakit saat haid atau saat berhubungan seks, bisa jadi itu adalah septum vagina. Ini merupakan kondisi bawaan langka di mana sistem reproduksi tidak sepenuhnya terbentuk. 

“Ini muncul sebagai penghalang jaringan yang membagi bagian dalam vagina, kata Dr. Eyvazzadeh. 

Karena penghalang itu internal, kamu tidak akan bisa melihatnya, dan itu tidak selalu menimbulkan gejala. Konon, jika dokter kamu mengatakan bahwa kamu memiliki septum vagina, itu dapat diangkat.



Vaginitis

Vaginitis adalah peradangan vagina yang berpotensi disebabkan oleh vaginosis bakterial atau infeksi jamur. “Meskipun kamu mungkin mengalami gejala vaginitis sepanjang bulan, perubahan pH vagina selama menstruasi dapat membuatnya meningkat, kata Dr. Datta. 

Jika kamu merasakan gatal atau bau yang tidak biasa bersamaan dengan rasa sakit, pergi ke dokter untuk dievaluasi.


(Tumor rahim ini jinak, tetapi dalam beberapa kasus, dapat memberi tekanan pada vagina. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Hematocolpos

Penyebab nyeri lainnya bisa jadi karena hematocolpos. Ini adalah kumpulan darah yang tidak dapat mengalir keluar dari rahim. 

“Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh cacat struktural bawaan pada vagina, seperti selaput dara yang tidak berlubang,” kata Dr. Eyvazzadeh.

Hematocolpos juga dapat menyebabkan haid hilang atau sakit perut. Ini dapat diobati dengan merawat selaput dara imperforata, biasanya melalui prosedur pembedahan kecil 
 


Endometriosis

Pada penderita endometriosis, jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim, yang dapat menyebabkan nyeri haid yang parah.

"Jika ada implan dari sel-sel abnormal ini di vagina, mereka dirangsang oleh perubahan hormon selama periode tersebut dan dapat menyebabkan eksaserbasi nyeri," kata Dr. Datta.

Tanda-tanda endometriosis lainnya termasuk seks yang menyakitkan dan nyeri saat buang air kecil atau buang air besar. Endometriosis biasanya didiagnosis dan dirawat melalui prosedur yang disebut laparoskopi.

 

Fibroid

Tumor rahim ini jinak, tetapi dalam beberapa kasus, dapat memberi tekanan pada vagina. "Fibroid mungkin membengkak terutama karena perubahan hormon menstruasi dan menyebabkan peningkatan ketidaknyamanan pada saat itu," kata Dr. Datta. 

Beberapa tanda fibroid lainnya adalah menstruasi yang berat dan sering buang air kecil. Fibroid dapat didiagnosis melalui pemeriksaan panggul dan  atau tes pencitraan dan dirawat dengan obat-obatan atau pembedahan, tergantung pada tingkat keparahannya.
(yyy)