FITNESS & HEALTH

5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Rumah

Sandra Odilifia
Senin 22 Februari 2021 / 14:45
Jakarta: Tahi lalat adalah sekumpulan sel kulit yang tidak menyebar secara merata di kulit. Sel-sel kulit ini secara teknis dikenal sebagai melanosit dan ini adalah sel-sel yang memberi warna pada pigmen.

Sebagian besar tahi lalat awalnya muncul sebagai lecet atau iritasi kulit. Kemudian karena paparan sinar matahari dan melanin di kulit, tahi lalat berubah menjadi coklat seiring waktu.

Sebagian orang memanfaatkan tahi lalat sebagai aksen kecantikan untuk terlihat lebih menarik atau manis. Namun, sebagian lainnya merasa terganggu dan risih dengan keberadaan tahi lalat di area tertentu.

Nah, jika kamu memiliki tahi lalat mengganggu di bagian wajah atau tubuh, ada beberapa cara untuk menghilangkan bintik-bintik ini dengan bahan yang ada di rumah.  Simak trik yang dilansir dari Times of India berikut ini:
 

1. Cuka sari apel


Cuka sari apel adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Malat dan tartarat asam yang ditemukan dalam cuka sebenarnya dapat melarutkan tahi lalat dan akhirnya menghilangkan tahi lalat dari kulit.

Caranya, kamu hanya perlu mengambil kapas dan mengoleskan sedikit cuka sari apel ke dalamnya. Kemudian, bersihkan tahi lalat dengan kapas dan biarkan di atas tahi lalat selama satu jam. Ulangi ini selama dua minggu untuk menghilangkan tahi lalat.
 

2. Bawang putih


Bawang putih dianggap sangat hangat dan itulah mengapa bawang putih bekerja sangat baik dalam menghilangkan atau membakar tahi lalat. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan bentuk menjadi pasta. 

Kemudian, oleskan pasta ke tahi lalat. Setelah pasta mulai mengering, oleskan perban berperekat pada tahi lalat dan biarkan semalaman. Ulangi ini selama seminggu untuk menyingkirkan tahi lalat.
 

3. Minyak jarak


Minyak jarak dikenal untuk mengatasi banyak penyakit kulit termasuk tahi lalat. Ambil satu sendok makan minyak jarak dan campur dengan satu sendok makan soda kue. Oleskan pasta ke tahi lalat dan biarkan semalaman dan cuci bersih di pagi hari. Oleskan pasta selama sebulan untuk melihat hasilnya.
 

4. Jus nanas


Jus nanas dikenal dapat membunuh bakteri, oleh karena itu jus ini digunakan secara luas di banyak krim kulit. Cukup ambil jus nanas dan campur dengan garam laut untuk membuat scrub yang bagus. 

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada tahi lalat dan mulailah menggosok. Gosok area tersebut selama lima belas menit untuk menghilangkan lapisan atas tahi lalat. Gunakan scrub ini selama seminggu untuk hasil terbaik.
 

5. Lidah buaya


Lidah buaya adalah tanaman menakjubkan yang tidak hanya menyembuhkan kulit tetapi juga memiliki sifat antibakteri. Oleskan gel lidah buaya ke tahi lalat untuk menghilangkannya. 

Meskipun prosesnya lambat, metode ini adalah yang paling aman. Bersihkan tahi lalat terlebih dahulu dan oleskan gel lidah buaya ke dalamnya. Kemudian, tutupi area tersebut dengan perban dan biarkan mengering selama dua jam.
(YDH)