FITNESS & HEALTH

Fakta Terbaru Penderita Diabetes di Dunia

Sandra Odilifia
Jumat 13 November 2020 / 19:27
Jakarta: Memperingati Hari Diabetes Sedunia 2020 pada 14 November mendatang, Federasi Diabetes Internasional (IDF) menyerukan tema "The Nurse and Diabetes". Kampanye Ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran seputar peran penting perawat dalam mendukung penderita diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang umum diderita masyarakat di Indonesia maupun dunia. Penyakit yang banyak disebabkan gaya hidup ini dapat terjadi pada umur yang semakin muda.

Bahkan, menurut data IDF, 463 juta orang dewasa atau satu dari 11 orang, hidup dengan diabetes pada 2019. Diperkirakan, jumlah ini akan meningkat menjadi 578 juta pada 2030.

Karena jumlah penderita diabetes terus meningkat di seluruh dunia, peran perawat dan staf pendukung profesional kesehatan lainnya menjadi semakin penting dalam mengelola dampak dari kondisi tersebut.

Namun tentunya, selain dari tenaga medis dan perawat, dibutuhkan pula kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk menjaga gaya hidup, agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Melansir laman resmi IDF, berikut fakta-fakta terbaru tentang global diabetes yang harus kamu tahu:

1. Satu dari dua orang dewasa dengan diabetes tetap tidak terdiagnosis, sebanyak 232 juta orang. Mayoritas menderita diabetes tipe 2.

2. Lebih dari tiga dari empat penderita diabetes tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

3. Satu dari enam kelahiran hidup (20 juta) dipengaruhi oleh glukosa darah tinggi (hiperglikemia) pada kehamilan.

4. Dua pertiga penderita diabetes tinggal di daerah perkotaan dan tiga perempatnya berada dalam usia kerja.

5. Satu dari lima penderita diabetes (136 juta) berusia di atas 65 tahun.

6. Diabetes menyebabkan 4,2 juta kematian pada 2019.

7. Diabetes bertanggung jawab atas setidaknya USD760 miliar dalam pengeluaran kesehatan pada tahun 2019 - 10% dari total pengeluaran global untuk perawatan kesehatan.

Sementara itu, berikut beberapa fakta mengenai perawat:

1. Perawat merupakan 59 persen profesional kesehatan, yang berarti kelompok pekerjaan terbesar.

2. Tenaga kerja perawat global adalah 27,9 juta, di mana 19,3 juta di antaranya adalah profesional.

3. Kekurangan perawat global diperkirakan 5,9 juta, di mana 89 persen di antaranya berada di negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah.

4. Lulusan keperawatan perlu meningkat delapan persen per tahun untuk mengatasi kekurangan global yang diprediksi pada tahun 2030.

5. Sekitar 90 persen dari angkatan kerja perawat adalah perempuan.

Saat ini, perawat mencakup lebih dari setengah angkatan kerja kesehatan global. Mereka melakukan pekerjaan luar biasa untuk mendukung orang yang hidup dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes.

Orang yang hidup dengan diabetes menghadapi sejumlah tantangan, sehingga pendidikan sangat penting untuk membekali perawat dengan keterampilan untuk mendukung mereka.
(FIR)