FITNESS & HEALTH

Perbedaan Antara Ketombe dan Kulit Kepala yang Kering

Raka Lestari
Jumat 30 Oktober 2020 / 12:05
Jakarta: Kulit kepala yang gatal mungkin bisa saja dialami oleh banyak orang. Dan ketika cuaca dingin, terkadang kulit kepala yang gatal tersebut semakin bertambah parah. Kulit kepala yang gatal seirng dikaitkan dengan ketombe.

Akan tetapi, sebenarnya kulit kepala yang gatal tidak selalu terjadi karena ketombe. Dua penyebab yang paling umum dari kulit kepala yang gatal adalah ketombe dan kulit kepala yang kering. Meskipun memiliki gejala yang sama, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Menurut Medical News Today, ketombe disebabkan karena menyebabkan kulit kepala mengelupas, dan terkadang bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau kulit kepala. Sedangkan kulit kepala yang kering, terjadi ketika kulit kepala tidak memiliki kelembapan yang cukup.

Menurut Heathline, jika kulit kepala kamu kering, kemungkinan kulit di bagian lain tubuh seperti lengan dan kaki juga kering dan gatal. Itu adalah cara yang sangat berguna untuk mengidentifikasi apakah kamu memiliki kulit kepala yang kering.

Untuk mengatasi kulit kepala kering, pastikan kamu menggunakan sampo yang lembut untuk rambut dan kulit kepala dan jangan lupa menggunakan kondisioner untuk melembapkan kulit kepala. Atau bisa juga menggunakan perawatan alami seperti minyak kelapa, tea tree oil, atau bahkan pisang yang dihancurkan untuk dipakai pada kulit kepala.

Penyebab utama ketombe berasal dari kondisi yang disebut dermatitis seboroik, di mana kulit berubah menjadi berminyak, merah, dan bersisik. “Ketombe juga mungkin disebabkan oleh kurangnya keramas,” kata Dermatologis Dr Francesca Fusco.

“Kulit kepala yang gatal akibat ketombe juga bisa disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati. Dan jika kamu tidak mencuci rambut dengan rutin, maka ketombe kamu akan semakin bertambah parah,” ujar Fusco.

Untuk mengatasi ketombe, perawatannya cenderung lebih mudah. Secara umum untuk mengatasi ketombe kamu bisa menggunakan samp anti ketombe. Dalam kasus yang lebih serius, dan yang disebabkan oleh jamur kulit kepala, carilah sampo dengan bahan-bahan obat yang lebih khusus menargetkan jamur.
(YDH)