FITNESS & HEALTH

3 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan

Kumara Anggita
Selasa 01 Juni 2021 / 14:00
Jakarta: Ukurannya yang kecil, rasanya yang manis segar, dan bernutrisi tinggi membuat tomat ceri cocok dijadikan cemilan atau tambahan menu makanan. Bahkan, tomat ceri termasuk pilihan tepat bagi kamu yang ingin hidup sehat.

Melansir dari WebMD, tomat ceri kaya akan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan. Tomat ceri mengandung vitamin C yang berperan penting dalam banyak fungsi tubuh. Serta bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, diantaranya: 

 

1. Stroke


Seperti jenis tomat lainnya, tomat ceri adalah sumber likopen yang luar biasa. Senyawa ini dapat membantu mengatasi masalah seperti peradangan dan pembekuan darah. Manfaat ini dapat meminimalkan risiko stroke iskemik, yang terjadi ketika gumpalan darah terbentuk dan mencegah aliran darah ke otak.


(Selain, makananmu jadi lebih nikmat dan bercita rasa, tubuh pun juga jadi sehat jika kamu rajin mengonsumsi tomat ceri. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Kanker


Beberapa senyawa dalam tomat ceri dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit, termasuk berbagai jenis kanker. Penelitian menunjukkan bahwa asupan tomat dan produk tomat yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker prostat. 


(Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk tomat mengalami penurunan kepadatan tulang yang lebih rendah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Kesehatan tulang


Likopen dalam tomat ceri dapat mendukung kesehatan tulang, terutama pada perempuan yang berisiko terkena osteoporosis. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk tomat mengalami penurunan kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit likopen.


Jadi, jangan ragu lagi menambahkan tomat ceri pada menu harianmu. Selain, makananmu jadi lebih nikmat dan bercita rasa, tubuh pun juga jadi sehat tentunya!
(yyy)