FITNESS & HEALTH

5 Ciri Seseorang yang Memiliki Sifat Toxic

Raka Lestari
Kamis 02 September 2021 / 12:19
Jakarta: Seseorang yang memiliki sifat toxic atau racun adalah seseorang yang perilakunya hanya bisa membuat hidupmu menjadi lebih negatif dan menyebalkan. Seringkali, seseorang yang bersifat toxic ini memiliki trauma dan stres sendiri yang belum ditangani. Untuk mengatasi stres dan trauma mereka, biasanya toxic person hanya memberikan efek buruk pada orang lain.

Dilansir dari WebMD, ada beberapa tanda toxic person yang bisa kamu sadari, seperti berikut ini:
 

1. Tidak konsisten


Naik turun dalam kehidupan, baik dan buruk, merupakan hal yang normal pada manusia. Tetapi toxic person hampir tidak pernah konsisten. Perilaku mereka tidak menentu. Mereka tidak bisa menepati komitmen atau janji mereka. Kamu juga tidak pernah tahu apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.
 

2. Selalu minta diperhatikan


Toxic person selalu membutuhkan dukungan emosional dari orang lain. Mulai dari telpon yang terus-menerus, SMS, atau mengganggu hidupmu agar selalu memerhatikan mereka. Dan sebaliknya, ketika kamu butuh dukungan mereka justru tidak bisa memberikannya. Mereka cenderung egois dan memedulikan diri sendiri.
 

3. Selalu bersikap drama


Toxic person biasanya sangat menyukai situasi drama. Mereka dengan sengaja menciptakan konflik dan mengobarkan emosi. Mereka juga suka memperkeruh suasana yang ada tersebut. Dan biasanya mereka tidak suka berada pada hubungan yang stabil dan sehat.
 

4. Tidak menghargai batasan-batasan yang kamu miliki


Tanda lain dari toxic person adalah tidak memiliki batasan. Sekalipun kamu sudah memberitahukan mereka mengenai batasan-batasan yang ada, mereka tidak bisa menghargai keputusanmu tersebut. Hubungan yang sehat didasarkan pada kepercayaan dan kemampuan untuk menghormati batasan. Dan toxic person tidak bisa melakukan hal itu.
 

5. Bersifat manipulatif


Apakah kamu merasa dimanfaatkan? Dimanipulasi? Toxic person suka memanipulasi orang-orang di sekitar mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mulai dari berbohong, tidak mengungkapkan kebenaran, melebih-lebihkan, atau meninggalkan informasi sehingga kamu mengambil tindakan tertentu atau memiliki pendapat tertentu tentangnya. Mereka akan melakukan apa pun, bahkan jika itu harus menyakiti orang.
(FIR)