FITNESS & HEALTH

Ingin Awet Muda? Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 14 Desember 2021 / 18:11
Jakarta: Menua adalah hal yang tak bisa dihindari. Namun, bukan berarti tak bisa menjaga elastisitas kulit agar tetap awet muda meski usia terus bertambah. 

Pertambahan usia membuat elastisitas kulit menurun, sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan. Mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Berikut adalah enam tips menjadi awet muda dikutip dari Alodokter.

1. Pola makan sehat

Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjaga pola makan dengan konsumsi makanan bernutrisi. Kemudian, makanan kaya kolagen, seperti sumsum tulang sapi dan ceker ayam, juga baik untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Baca: 5 Makanan yang Bikin Awet Muda pada Usia 40 Tahun ke Atas

Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Seperti buah-buahan, kacang-kacangan, minyak sehat, sayuran, dan dark chocolate. 

2. Olahraga rutin

Seiring berjalannya waktu, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila kurang aktif bergerak.

Berolahraga rutin dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur. Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Rutin olahraga adalah kunci awet muda. Foto: Pexels
Rutin olahraga adalah kunci awet muda. Foto: Pexels

3. Istirahat cukup

Cara selanjutnya agar awet muda adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7-9 jam setiap hari. Tujuannya agar kulit senantiasa sehat dan tidak cepat menua.

Tidur cukup membuat jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.
 

4. Rutin membersihkan wajah

Bersihkan wajah minimal dua kali sehari dan gunakan pelembap. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.

Pelembap menjaga kulit agar tidak cepat kering atau keriput, sedangkan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Minumlah air putih minimal 8 gelas tiap hari. Tujuannya agar kulit senantiasa lembap dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Baca: Tetap Sehat, Ini 7 Camilan dan Buah Manis Ramah Diabetes

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

6. Kurangi stres

Stres dapat menyebabkan penuaan dini. Pasalnya, saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh.

Stres juga bisa membuat susah tidur atau kurang menjaga pola makan sehingga dapat memicu penuaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi stres agar tetap awet muda dan sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres. Misalnya dengan relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.
(SYN)