FITNESS & HEALTH

Kenali dan Cermati 3 Tanda dan Gejala Awal Diabetes

Mia Vale
Selasa 28 Juni 2022 / 11:05
Jakarta: Diabetes merupakan kondisi yang didiagnosis dengan kadar gula darah tinggi tidak normal. Dan untuk mengetahui apakah seseorang menderita diabetes atau tidak, biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gula darah.

Tapi, selain tes darah, beberapa orang yang menderita diabetes juga mengalami gejala utama dan tanda peringatan dini. Misal, buang air kecil, rasa haus yang meningkat, dan rasa lapar yang berlebihan. 

Menurut Orville Kolterman, MD, kepala petugas medis di Pendulum, sebuah perusahaan yang membuat produk untuk membantu mengontrol kadar glukosa, gejala awal diabetes yang disebut 3P, termasuk:
 

Rasa lapar berlebihan (polifagia)


Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak lagi memproduksi atau menggunakan insulin dengan benar. Akibatnya, tubuh merasa lapar, walaupun sudah makan.

Nah, melansir dari laman Insider, hal ini bisa jadi peringatan dini yang penting, karena dapat mengindikasikan resistensi insulin atau kadar insulin yang tinggi bahkan sebelum melihat gejala lainnya.  
 

Sering buang air kecil (poliuria)


Ketika kadar gula darah meningkat, ginjal mulai membuang gula itu ke dalam urine. Jadi, bila mengalami buang air kecil lebih sering, terutama jika mencapai dua kali lipat dari biasanya, itu perlu dikhawatirkan. 

"Tanda lain, bisa juga dengan melihat beberapa semut memakan urinenya di sekitar toiletnya karena urinenya sangat manis. Atau muncul bau manis yang berbeda saat seseorang buang air kecil," jelas Stephanie Redmond, seorang dokter farmasi dan salah satu pendiri Diabetes Doctor Supplements.



(Rasa haus diabetes meningkat ketika tubuh kamu kehilangan terlalu banyak air dari buang air kecil yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Rasa haus yang meningkat (polidipsia)


Banyak penderita diabetes minum lebih banyak untuk mengatasi rasa haus. Jika merasa tidak cukup minum untuk menghilangkan dahaga atau minum minuman manis yang membuat sering buang air kecil semakin buruk, kamu mungkin mengalami gejala dehidrasi tambahan, termasuk mulut kering atau penglihatan kabur. 

Gejala-gejala ini dapat menunjukkan bahwa diabetes kamu telah berkembang dan mulai memengaruhi seluruh tubuh. "Mulut kering atau penglihatan kabur biasanya berarti kadar glukosa sudah sangat tinggi," tegas Redmond. 
 

Gejala diabetes tipe 1 


Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1 yang tidak dapat memproduksi insulin sendiri, didiagnosis setelah dirawat di rumah sakit dengan gejala yang parah. Dan gejala Lain yang mungkin timbul, adalah: 
- Mual 
- Muntah 
- Penurunan berat badan, bahkan jika kamu makan lebih banyak 
- Orang yang tidak diobati diabetes tipe 1 juga dapat mengalami diabetes ketoasidosis (DKA). Yakni, komplikasi diabetes serius saat tubuh memproduksi asam darah (keton) berlebihan
 

Gejala diabetes tipe 2 


Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 didiagnosis setelah menunjukkan peningkatan kadar gula darah selama pekerjaan darah rutin. Namun, gejala paling umum dari diabetes tipe 2 adalah rasa lapar atau kelelahan yang berlebihan.  

Gejala lain yang menandakan diabetes tipe 2 sudah berkembang, mencakup: 

- Infeksi jamur. Gejala infeksi jamur termasuk gatal dan kemerahan pada vulva atau penis, serta keluarnya cairan dan pembengkakan. Ini juga dapat terjadi pada diabetes tipe 1.

- Nyeri atau mati rasa. Gula tinggi dapat merusak pembuluh darah yang mengarah ke ujung saraf, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf, biasanya dimulai di kaki. Jika mengalami gejala-gejala ini, yang terbaik adalah mencari bantuan medis. 

(TIN)