FITNESS & HEALTH

9 Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sandra Odilifia
Senin 26 Oktober 2020 / 15:02
Jakarta: Sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit dan infeksi virus. Sebab, jika sistem imun kamu lemah, itu dapat membuat tubuh kamu gampang terserang penyakit.

Melansir Healthline, Jika kamu sedang mencari cara untuk mencegah pilek, flu, dan infeksi lainnya, sebaiknya konsumsi makanan berikut ini untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kamu.
 

1. Buah jeruk


Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh karena dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.
 

2. Paprika merah


Paprika merah mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu, paprika merah juga kaya akan sumber beta karoten, yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A, sehingga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kamu.
 

3. Brokoli


Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya.
 

4. Bawang putih


Sifat meningkatkan sistem kekebalan pada bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin. Bawang putih juga dapat meningkatkan tenaga, memperlambat pengerasan arteri, dan membantu menurunkan tekanan darah.


jahe
(Campurkan jahe dengan air hangat dan madu. Segar dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

5. Jahe


Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, seperti sakit tenggorokan dan penyakit inflamasi. Jahe juga dapat membantu meredakan mual, mengurangi nyeri dan menurunkan kolesterol.
 

6. Bayam


Bayam kaya akan vitamin C, antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh kamu.
 

7. Yoghurt


Beberapa yoghurt bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.
 

8. Biji bunga matahari


Biji bunga matahari kaya akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, vitamin B-6 dan E. Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan. Selain biji bunga matahari, makanan dengan vitamin E dalam jumlah tinggi adalah alpukat dan sayuran berdaun hijau gelap.
 

9. Pepaya


Selain mengandung vitamin C, pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain sebagai efek antiinflamasi. Kemudian, jumlah kalium, magnesium, dan folat pada pepaya sangat cukup untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. Jadi pilihlah makanan yang sehat untuk tubuh kamu ya!
(TIN)