FITNESS & HEALTH

Selain Tinggi Vitamin C, Berikut Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Raka Lestari
Kamis 08 Oktober 2020 / 09:09
Jakarta: Minuman air lemon mungkin bukanlah hal yang baru, tetapi minuman sederhana ini cukup banyak digemari. Selain menyegarkan, minum air lemon sangat bermanfaat agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik setiap harinya.

Menurut Joan Koelemay, seorang ahli diet, menyebutkan bahwa setiap orang sebaiknya menganggap air lemon sebagai nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat lengkap dari air lemon, seperti dilansir Thelist:

Mengurangi risiko stroke

Lemon mengandung banyak vitamin C dan perasan air lemon bisa mengandung hampir 12 mg vitamin C yang bisa mengurangi risiko stroke. Sebuah studi 2013 dari American Heart Association menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara asupan vitamin C dalam diet dan risiko stroke.

Mark Levine, kepala bagian nutrisi klinis dan molekul di U.S. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, menyarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sebaiknya mendapatkannya dari cara yang alami yaitu mengonsumsi air lemon setiap harinya.

Dapat mengurangi berat badan

Mungkin sudah banyak yang mnegetahui bahwa mengonsumsi air lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal Frontiers in Nutrition minum air lemon terkait dengan penurunan berat badan. Selain itu, air lemon juga rendah kalori sehingga Anda dapat minum sehat tetapi tidak menambah kalori.

Bermanfaat untuk sistem pencernaan

Menurut Ian Musgrave, seorang dosen senior di bidang farmakologi di Universitas Adelaide di Australia, mengatakan bahwa air lemon dapat membantu mengeluarkan racun tubuh dan membantu sistem pencernaan tubuh. Pip Reed, seorang ahli gizi menjelaskan bahwa makanan padat nutrisi seperti air lemon dapat membantu meringankan kerja sistem pencernaan.

Baik untuk kulit

"Meminum air lemon di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu menyeimbangkan tubuh Anda dengan menginduksi keadaan yang lebih basa, yang bermanfaat untuk anti-inflamasi pada kulit dan tubuh," kata dermatolog medis dan kosmetik Gary Goldenberg.

Selain itu, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Food Chemistry, menemukan bahwa antioksidan dalam air lemon dikaitkan dengan berkurangnya kerutan pada kulit.
(YDH)