FITNESS & HEALTH

Keluar Rumah, Apa yang Kamu Lakukan agar Tetap Aman dari Covid-19?

Raka Lestari
Rabu 07 Oktober 2020 / 22:00
Jakarta: Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, berada di rumah merupakan cara terbaik agar tidak tertular virus korona. Akan tetapi, terkadang ada beberapa keadaan yang mengharuskan kita untuk bepergian keluar rumah, seperti berbelanja kebutuhan rumah tangga atau pergi ke rumah sakit.

Menurut Kate Vergara, spesialis kesehatan publik dan penyakit menular di Chicago dan New York mengatakan, Covid-19 yang paling utama menular melalui droplet, yang keluar dari seseorang yang terinfeksi atau dengan menyentuh permukaan barang yang sudah terkena droplet dari seseorang yang terinfeksi.

“Dan ketika kita menyentuh benda yang sudah terkena droplet dari pasien Covid-19 tersebut, tangan kita yang sering digunakan untuk menyentuh wajah atau mulut bisa menyebabkan virus masuk ke dalam tubuha kita,” ujar Vergara.

Untuk itu, Vergara menekankan bahwa penting sekali untuk menerapkan praktik kebersihan yang baik yaitu dengan mencuci tangan. Dengan mencuci tangan, dapat melindungi tidak hanya diri sendiri tetapi orang lain dari berbagai kuman, virus, dan penyakit.

Sementara itu ketika berada di luar rumah, Vergara menyarankan agar tidak menyepelekan kebiasaan untuk mencuci tangan ini.

“Cuci tangan kita sebelum pergi untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Kemudian, cuci kembali tangan setiap habis melakukan berbagai macam aktivitas apapun. Seperti dari ATM, berbelanja, dan yang lainnya,” saran Vergara.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga memberikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 seperti berikut:

- Sering mencuci tangan, setidaknya selama 20 detik.
- Menutup wajah ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
- Bersihkan dan disinfeksi berbagai permukaan benda yang sering disentuh.
- Usahakan sebisa mungkin tetap berada di rumah dan tidak pergi ke luar rumah jika sedang sakit.
-Gunakan masker, setidaknya masker kain ketika sedang berada di tempat-tempat umum.
- Segera kontak pekerja kesehatan jika memiliki gejala.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)