FITNESS & HEALTH

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang tanpa Menggunakan Obat

Raka Lestari
Jumat 16 April 2021 / 18:05
Jakarta: Lubang gigi, tambalan yang lepas, gigi yang retak, abses, atau kondisi sinus dapat menyebabkan sakit gigi yang menakutkan. Sebelum pergi ke dokter gigi, kamu ternyata bisa merawat sakit gigi tersebut dengan bahan-bahan yang ada di dalam rumah.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, bisa dijadikan pertolongan pertama pada sakit gigi. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa bahan rumahan yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang:
 

1. Jahe


Campurkan jahe dan cabai dengan perbandingan yang sama, hancurkan kemudian tambahkan air sehingga berbentuk pasta. Gulung kapas kecil ke dalam pasta secukupnya sampai menyerap, lalu letakkan di gigi yang sakit dan usahakan tidak mengenai gusi dan lidah. Biarkan sampai rasa sakitnya mereda atau selama mungkin yang bisa kamu tahan.
 

2. Garam


Campurkan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam secangkir air mendidih, untuk dijadikan obat kumur yang dapat membersihkan penyebab yang mengiritasi dan membantu mengurangi pembengkakan. Kumur-kumur selama sekitar 30 detik sebelum meludahkannya.

Air garam dapat membersihkan daerah di sekitar gigi dan mengeluarkan beberapa cairan yang menyebabkan pembengkakan. Ulangi perawatan ini sesering yang diperlukan.
 

3. Teh


Teh Peppermint memiliki rasa yang enak dan berguna untuk mengatasi sakit gigi. Masukkan 1 sendok teh daun peppermint kering dalam 1 gelas air mendidih dan aduk selama 20 menit.

Setelah teh mendingin, kumur-kumur di mulut. Selain itu, tanin astringen dalam teh hitam yang pekat dapat membantu mengatasi rasa sakit dengan mengurangi pembengkakan. Untuk obat tradisional ini letakkan kantong teh basah dan hangat di gigi yang sakit untuk bantuan sementara.
 

4. Hidrogen peroksida


Untuk membantu membunuh bakteri dan mengurangi rasa tidak nyaman, kamu bisa berkumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% . Cara ini dapat memberikan bantuan sementara, jika sakit gigi disertai dengan demam dan bau mulut yang merupakan tanda-tanda infeksi. Tetapi seperti obat sakit gigi lainnya, itu hanya tindakan sementara. Usahakan untuk tetap ke dokter gigi dan membersihkan sumber infeksi.
 

5. Es batu


Masukkan es batu kecil di dalam kantong plastik, bungkus kain tipis di sekitar kantong, dan oleskan ke gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf. Ketika saraf di jari-jari mengirim sinyal 'dingin' ke otak, mereka mungkin mengurangi sinyal rasa sakit yang datang dari gigi yang berlubang tersebut.
(FIR)