FITNESS & HEALTH

Cara Membedakan Serangan Asma dengan Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 30 Maret 2021 / 20:02
Jakarta: Asma dan covid-19 adalah penyakit yang sama-sama berkaitan dengan paru-paru. Hal ini membuat beberapa gejala mungkin tampak sama.

Mengutip dari Healthline, Dr. Payel Gupta, seorang spesialis alergi dan imunologi, menjawab pertanyaan umum tentang bagaimana cara membedakan dua penyakit ini. Menurutnya, jika kamu menderita covid-19, kamu dapat mengalami gejala seperti:

- Demam

- Diare

- Hilangnya bau dan rasa

- Nyeri otot

- Kelelahan

- Panas dingin

- Demam tidak umum terjadi pada orang yang hanya memiliki penyakit asma


Sementara, gejala yang benar-benar sama antara covid-19 dengan asma adalah batuk kering dan sesak napas.
 

Perbedaannya dengan asma


Saat kamu menggunakan albuterol atau inhaler penyelamat untuk asma, gejala kamu akan hilang sepenuhnya. Sementara, jika kamu menderita covid-19, meski menggunakan kedua alat itu, maka tidak akan membantu secara langsung.

Selain itu, jika ini adalah eksaserbasi asma yang buruk, kamu mungkin tidak bisa sepenuhnya sembuh. Tetapi inhaler bakal membantumu lebih moderat.

Dengan covid-19, kamu mungkin berpotensi mendapatkan perbaikan ringan dari inhaler kamu, tetapi kamu tidak akan mendapatkan kelegaan total seperti jika kamu menderita asma.

Nah setelah itu, tetaplah menjaga protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Bila kamu sudah bisa divaksin, maka lakukanlah untuk mendapatkan perlindungan lebih kuat.
(FIR)