FITNESS & HEALTH

5 Alternatif Camilan Sehat dari Permen dan Cokelat

Raka Lestari
Senin 15 Februari 2021 / 09:00
Jakarta: Permen dan cokelat merupakan camilan yang menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Akan tetapi, mengonsumsi keduanya secara berlebihan tentu akan berdampak buruk pada kesehatan. Baik untuk jangka pendek, maupun jangka panjang.

Untuk itu, kamu bisa mencari alternatif yang lebih sehat dari keduanya. Dilansir dari Insider, berikut ini adalah alternatif pengganti permen dan cokelat yang lebih sehat:
 

1. Buah-buahan


Serat dalam buah (yang tidak dimiliki permen) tidak hanya membuat kamu merasa lebih kenyang, tetapi juga memperlambat pemecahan dan penyerapan gula dalam aliran darah. Ini penting karena lonjakan gula darah dapat menyebabkan efek negatif jangka pendek seperti kelelahan, dan masalah jangka panjang yang serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Chef dan ahli diet terdaftar Dana Sicko menyarankan untuk mencampurkan pisang beku dalam food processor hingga memiliki konsistensi krim seperti es krim, sementara ahli diet sekaligus ahli gizi bersertifikat Gina Keatley mengusulkan membuat sate buah atau memotongnya menjadi bentuk yang menyenangkan untuk dijadkan camilan.
 

2. Kacang-kacangan


"Kacang mengandung lemak dan fitosterol yang menyehatkan jantung, yang membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat," kata ahli diet terdaftar Kristin Gillespie, MS. Makan kacang-kacangan seperti almond, pistachio, dan pecan juga dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengannya penyakit jantung, mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah, dan menurunkan LDL atau kadar kolesterol "jahat".
 

3. Kopi hitam


Kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, penyakit hati, kanker payudara, kanker prostat, dan jenis kanker kulit tertentu, serta peningkatan fokus mental dan peningkatan kesehatan otak. 

"Kopi kaya akan antioksidan dan beberapa vitamin B yang membantu menjaga kesehatan tubuh dan sebagai manfaat tambahan, tidak mengandung gula dan hampir tanpa kalori," kata Gillespie.
 

4. Teh


Seperti kopi, teh pada dasarnya adalah camilan bebas kalori dan gula. Teh lebih rendah kafein daripada kopi, dan jenis tertentu seperti teh hijau, teh putih, dan teh oolong sangat tinggi antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. 

Keatley menyarankan untuk memilih teh dengan tambahan rasa seperti rasa apple pie, creme brulee, dan chocolate mint, yang bisa membuat pengalaman minum teh menjadi lebih menyenangkan.
 

5. Tiram


Tiram telah lama dianggap sebagai afrodisiak, tetapi hanya ada sedikit penelitian yang mendukung bahwa tiram memengaruhi gairah seks. Keatley mencatat tiram mengandung asam amino tinggi yang disebut asam d-aspartat, yang berperan dalam produksi testosteron meskipun terdapat hasil penelitian yang beragam tentang seberapa besar dampaknya.

Tiram juga rendah kalori, tinggi protein, dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik seperti zinc, vitamin B12 dan D, selenium, zat besi, dan tembaga.
(TIN)