FITNESS & HEALTH

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Raka Lestari
Selasa 15 Desember 2020 / 17:57
Jakarta: Kapulaga merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Kamu bisa menambahkannya pada masakan atau minuman. Selain memperkaya rasa, ternyata kapulaga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Kapulaga adalah rempah-rempah yang luar biasa yang memiliki rasa hangat dan aromatik dan dapat digunakan dengan berbagai cara," kata Amy Gorin, RDN, ahli diet terdaftar.

Menurut sebuah studi tahun 2014 di jurnal Chinese Medicine, kapulaga sangat populer di masakan Asia Selatan seperti kari, serta di kue-kue Skandinavia.

Kapulaga terdiri dari buah atau biji utuh atau kering dari tanaman Elettaria cardamomum, yang merupakan bagian dari keluarga tanaman jahe. Berasal dari India, kapulaga juga paling sering dibudidayakan di Sri Lanka dan Guatemala.

Berikut ini adalah bebereapa manfaat dari kapulaga;
 

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik pada pasien diabetes


Berdasarkan sebuah studi pada 2014 yang dipublikasikan pada The Review of Diabetic Studies, pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi teh hitam dengan kapulaga, kayu manis, jahe, atau saffron selama 2 bulan mengalami penurunan kolesterol. Menurut Gorin, ini sangat penting, karena kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke.
 

2. Menurunkan tekanan darah serta mencegah kanker


“Kapulaga adalah rempah yang sangat baik ditambahkan pada makanan sehari-hari jika kamu mengalami tingkat stres tinggi dan ingin menurunkan risiko penyakit jantung. Kedua hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah,” kata Brigitte Zeitlin, ahli diet terdaftar dan pemilik BZ Nutrition di New York.

Zeitlin juga menambahkan bahwa kapulaga telah terbukti bekerja sebagai diuretik dalam penelitian pada hewan. Dengan sifat diuretik tersebut, kapulaga membantu mengeluarkan kelebihan cairan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.
 

3. Mencegah bau mulut


Faktanya, dalam budaya India, mengunyah buah kapulaga utuh setelah makan adalah hal yang umum untuk menjaga agar napas kita tetap segar, menurut artikel pada tahun 2012 di Dental Research Journal.

“Ekstrak kapulaga mungkin juga dapat membantu melawan lima bakteri berbeda di mulut yang menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang,” tambah Zeitlin.
(FIR)