FITNESS & HEALTH

Dampak Gangguan Pencernaan pada Anak Usia 1 Tahunan

Kumara Anggita
Jumat 11 Desember 2020 / 19:09
Jakarta: Usia satu tahunan adalah periode emas anak. Pada masa ini, anak sedang dalam proses pertumbuhan.

Namun, beberapa anak suka mengalami sakit pencernaan pada periode tersebut. Menurut DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K), dokter anak sekaligus ahli gastro hepatologi, sakit pencernaan di usia tersebut bisa memberikan dampak yang buruk buat mereka.

“Memang pada anak (usia satu tahunan) saluran cernanya belum berkembang dengan sempurna, meskipun seiring waktu perkembangannya semakin baik. Akan tetapi kecepatannya berbeda-beda. Ada yang lebih awal lebih matang, ada yang setelahnya,” bukanya dalam Live di Instagram Official Buumi Playscape.

“Kalau pada masa pertumbuhan ini, saluran pencernaannya terganggu terus-menerus, maka penyerapan nutrisinya pasti tidak optimal karena saluran cerna itu gunanya untuk mencerna dan menyerap,” lanjutnya.

Nutrisi yang tak terserap dengan baik, bisa menganggu pertumbuhannya dalam berbagai aspek. Termasuk fisik dan kecerdasannya.

“Proses perkembangannya akan terganggu. Ini juga berlaku dengan proses perkembangan kognitif dan perkembangan lainnya,” ujar dr. Ariani.

Bila hal ini cukup sering terjadi pada anakmu, coba untuk konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan arahan yang lebih baik.
(FIR)