FITNESS & HEALTH

Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Raka Lestari
Rabu 16 Desember 2020 / 12:00
Jakarta: Sakit tenggorokan bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk penyebabnya seperti virus atau bakteri. Sakit tenggorokan sering disertai gejala lainnya seperti pilek, batuk dan rasa sakit. 

Namun, ada penyebab lain, termasuk alergi atau polusi atau iritan yang terdapat di udara. Banyak orang lebih memilih pengobatan secara alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Dan berikut ini adalah bahan-bahan di rumah yang bisa meredakan sakit tenggorokan menurut Metro:
 

1. Marshmallow


Meskipun masih belum ada bukti nyata, diperkirakan bahwa gelatin yang terdapat dalam marshmallow dan meringankan sakit tenggorokan. Marshmallow tidak dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, tetapi makan beberapa marshmallow dapat meredakan tenggorokan yang bengkak dan marshmallow juga memiliki rasa yang cukup lezat.
 

2. Satu sendok makan madu


Satu sendok makan madu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena teksturnya yang cair seperti obat batuk. Madu dipercaya memiliki khasiat antimikroba untuk membantu tubuh sembuh lebih cepat. Minumlah madu dengan beberapa obat batuk dan kamu akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.


sakit tenggorokan
(Coba kamu membuat lemon tea hangat dengan madu untuk meredakan sakit tenggorokan. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
 

3. Minum madu yang dicampurkan dengan lemon tea


Jika kamu mengalami sakit tenggorokan, makanan selembut apapun bisa terasa menyakitkan. Dengan mencampur satu sendok teh lemon dengan satu sendok teh madu, bisa membantu meredakan tenggorokan yang bengkak dan menciptakan lingkungan asam untuk virus dan bakteri yang dapat membantu membunuh mereka. Menambahkan madu akan menambahkan kualitas antimikroba juga dan akan membuatnya terasa sedikit lebih enak.
 

4. Teh kamomil


Teh kamomil memiliki unsur alami yang dapat menenangkan dan memiliki banyak manfaat untuk sakit lainnya mulai dari sakit kepala, sariawan hingga sakit perut. Hal ini karena antiinflamasi dan antioksidan dalam teh kamomil yang dikenal memiliki sifat astringent. Teh kamomil juga bisa merangsang sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membantu tubuh melawan infeksi.
 

5. Minum banyak air


Ada banyak tips bermanfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, tapi yang paling alami adalah minum banyak cairan untuk menghilangkan penyakit dari tubuh. Ini juga akan membantu kamu tetap terhidrasi dengan baik selama sakit dan membuat tenggorokan tetap lembap sehingga bisa sembuh.
(TIN)