FITNESS & HEALTH

Gejala Setelah Dapat Vaksin Covid-19 Pertama dan Kedua

Kumara Anggita
Rabu 05 Mei 2021 / 19:44
Jakarta: Vaksin covid-19 telah diberikan kepada sejumlah masyarakat di Indonesia. Dari pemantauan yang dilakukan, telah ditemukan berbagai gejala yang muncul di vaksin yang pertama dan juga kedua.

Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, SpA (K), M.TropPaed, Ketua KOMNAS KIPI menjelaskan bahwa gejalanya beragam. Ada yang merasa lemas sampai sakit kepala.

“Sakit kepala ada (ditemukan) 50 persen, mual ditemukan ada 20 persen, nyeri otot 40 persen, nyeri sendi ditemukan 20 persen, lemas 50 persen, tidak bergairah 40 persen, demam sampai menggigil 30 persen, nyeri di tempat suntik 40 persen, pembengkakan di tempat suntikan ada 60 persen,” jelasnya dalam media briefing terkait Persiapan Vaksin AstraZeneca di DKI Jakarta.

Menurutnya, gejala-gejala ini lebih banyak dirasakan pada mereka yang masih muda dibandingkan mereka yang sudah lanjut usia.

“Lihat gejala-gejala ini, makin bertambah usia maka semakin menurun. Jadi, sensitivitas lebih muda memang lebih tinggi,” paparnya.

“Jadi kalau kita lihat, menggigil, lemas, rasa panas, sakit kepala, sakit sendi, sakit otot, mual itu ada banyak macamnya, ringan, sedang dan sampai membutuhkan perawatan rumah sakit (ini jarang banget). Ini reaksinya banyak yang ringan," papar Prof. Hinky, sapaan akrab Prof. Hindra.

"Usia yang lebih lanjut lebih banyak mengalami gejala yang lebih ringan,” lanjutnya.

Sementara, pada vaksin yang kedua, tetap ditemukan gejala yang serupa. Seperti yang dikatakan sebelumnya, gejala yang muncul juga kebanyakan ringan.

“Bagaimana dengan vaksin yang kedua, sama saja menggigil, demam, lemas, merasa panas, sakit kepala, sakit sendi, malas, sakit otot. Semua gejalanya ringan,” jelasnya. “Dampak lanjut menggigillah,” tutupnya.

(TIN)