FITNESS & HEALTH

6 Cara Mengatasi Telinga yang Kering

Kumara Anggita
Senin 02 November 2020 / 19:06
Jakarta: Telinga kering bisa terjadi karena berbagai alasan mulai dari faktor lingkungan (suhu udara), alergi, sampai penyakit kulit. Bila kamu mengalami permasalahan serupa, ada baiknya kamu mengatasi masalah ini secepatnya.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti antara lain:
 

1. Periksa rutinitas


Sebelum kamu ke dokter atau pakai obat tertentu, periksa sabun, sampo, dan produk perawatan  lainnya untuk menemukan apa saja yang mungkin menyebabkan iritasi. Pikirkan tentang faktor lingkungan yang dapat menyebabkan gejala muncul. Apakah kamu baru-baru ini berjemur, mandi air panas, atau berenang di kolam yang mengandung klor?

Buat catatan harian tentang gejala yang kamu alami dan produk atau situasi apa pun yang mungkin menyebabkannya. Hentikan penggunaan pembersih atau hindari aktivitas apa pun yang memperburuk kondisi kulit kamu.
 

2. Pakai pelembap


Telinga kering biasanya terjadi karena kurangnya kelembapan. Untuk itu, carilah produk yang bisa melembapkan seperti salep, krim, atau losion.

Sebagian besar produk ini dapat digunakan secara bebas selama kamu mengalami gejala. Yang terbaik adalah mengoleskan pelembap ini segera setelah mandi dan menggunakan handuk.
 

3. Coba produk lainnya


Jika pelembap sederhana tidak berhasil, kamu mungkin ingin mencoba krim yang dijual bebas (OTC), yang mengandung asam laktat, atau asam laktat dan urea. Produk-produk ini sangat membantu jika kulitmu sangat kering atau sangat bersisik.

Ikuti petunjuk yang tertera pada produk, atau tanyakan kepada apoteker, untuk mengklarifikasi berapa banyak yang harus digunakan dan seberapa sering menggunakannya.
 

4. Ganti sabun


Meskipun kamu merasa gejala yang muncul tidak disebabkan oleh produk yang sedang kamu gunakan, ada baiknya beralih ke produk perawatan pribadi yang lebih lembut, sampai telinga kamu sembuh. Coba gunakan sabun dan sampo pelembap ringan, yang tidak akan mengeringkan kulit kamu saat kamu mandi atau mencuci wajah.
 

5. Hindari rasa gatal


Kulit kering sering kali terasa gatal, tetapi gatal dapat mengundang bakteri masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi. Gunakan kompres dingin di telinga kamu jika terasa sangat gatal.

Krim atau salep yang mengandung hidrokortison dapat membantu meredakan peradangan. Temukan produk yang mengandung setidaknya 1 persen hidrokortison untuk hasil terbaik.
 

6. Hindari alergen


Lihatlah apa yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu merasa alergi terhadap nikel, hentikan penggunaan perhiasan dan biarkan telinga kamu sembuh. Jika sudah sembuh, ganti dengan perhiasan yang terbuat dari bahan lain.
(FIR)