FITNESS & HEALTH

Para Ahli Beberkan Cara Berhenti Minum Kopi

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 16:07
Jakarta: Minum kopi memang bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Kendati demikian, beberapa orang bisa jadi tergantung dengan minuman yang satu ini.

Bila kamu salah satu dari mereka yang kecanduan kopi dan ingin menghentikannya, ada beberapa cara ampuh yang dapat kamu ikuti seperti dikutip Eat This.

Kuncinya adalah jangan terburu-buru bila ingin berhenti. Pakar kesehatan terkemuka mengatakan bahwa satu-satunya cara terburuk untuk menghentikan kebiasaan minum kopi dari hidup kamu adalah dengan melakukannya secara drastis dan segera.

“Jangan membuat kesalahan dengan berhenti secara total. Kamu kemungkinan besar akan mengalami caffeine withdrawal symptoms dan kembali minum kopi atau soda atau minum obat sakit kepala dengan kafein di dalamnya untuk menghilangkan gejala tersebut. Ini memulai siklus ketergantungan dari awal lagi," kata para ahli di Klinik Cleveland.

Semakin banyak jumlah kopi yang kamu konsumsi setiap hari, semakin besar kemungkinan kamu mengalami gejala-gejala tersebut. Biasanya muncul dalam waktu sekitar 12 hingga 24 jam setelah secangkir kopi. Menurut Klinik Cleveland, gejala-gejala tersebut dapat berlangsung selama dua hingga sembilan hari

Jika kamu ingin menghentikannya secara efektif, Klinik Cleveland menyarankanmu untuk memperlambat konsumsi sedikit demi sedikit setiap hari sampai kamu mencapai nol.

Untuk sukses mengurangi asupan kafein kamu secara bertahap, maka kurangi jumlah kopi, teh, soda, dan minuman energi yang kamu miliki setiap hari. Jika kamu adalah seorang peminum kopi, secara bertahap beralih dari kopi biasa ke kopi tanpa kafein.

"Pertama bergantian antara kopi tanpa kafein dan reguler, lalu perlahan-lahan ubah ke lebih banyak kopi tanpa kafein dan hentikan konsumsi kopi biasa. Mengurangi konsumsi kafein secara bertahap selama dua hingga tiga minggu akan membantumu berhasil mengubah kebiasaan tanpa menyebabkan gejala yang mucul,” papar para ahli.

"Kepada siapa pun yang mengonsumsi kafein secara teratur, saya akan merekomendasikan detoksifikasi 60 hari," tutup para ahli.
(FIR)