FITNESS & HEALTH

Ini Daftar Makanan Sehat tapi Mengenakkan

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 17:05
Jakarta: Makanan yang sehat identik dengan rasa yang tak enak dan kurang memuaskan. Tapi sekarang kamu enggak usah khawatir, karena ada makanan yang sehat yang bisa kamu makan tanpa rasa bersalah.

Berikut beberapa list makanan yang sehat dan enak yang bisa kamu tambahkan dalam menu dietmu seperti dikutip dari Today:
 

1. Yogurt Yunani


Yogurt Yunani memiliki protein dua kali lipat dari yogurt biasa. Bahkan beberapa merek mengandung lebih dari 20 gram protein per porsi.

"Protein tidak hanya membuat kamu kenyang lebih lama, tetapi membutuhkan energi sekitar 18 persen lebih banyak untuk dicerna daripada lemak," kata Angela Ginn, ahli diet terdaftar di Baltimore.

Pilih varietas rendah lemak dan polos (untuk menghindari tambahan gula) dan tambahkan buah segar untuk manfaat yang maksimal.
 

2. Telur


“Telur tidak mahal, proteinnya melekat pada kamu, dan dapat dimakan untuk sarapan, makan siang atau makan malam,” kata Marisa Moore, ahli diet terdaftar di Atlanta.

Ambil telur rebus untuk sarapan atau camilan. Telur mengandung sekitar 100 kalori atau bisa juga kamu buat telur dadar atau orak-arik dengan bayam, tomat, dan jamur untuk makan malam. Jika kamu mengawasi kolesterol kamu, gunakan setengah putih telur sebagai campuran.
 

3. Roti gandum utuh


Biji-bijian utuh bertahan lebih lama daripada tepung putih, yang kehilangan nutrisi dan serat dalam proses pemurnian. Baca labelnya untuk memastikan bahan pertama yang tertera adalah whole grain, seperti gandum atau oat. Kamu juga akan menemukan biji-bijian utuh dalam biskuit, pasta, dan sereal.
 

4. Oatmeal


Serat larut dalam oatmeal membuatmu kenyang, membantu menurunkan kolesterol,  dan mengatur kadar gula darah. Pilih varietas tanpa pemanis dan tambahkan kismis, cranberry kering, taburan kacang-kacangan, dan kocok kayu manis atau pala.

“Jika kamu lebih suka yang manis, taburi sedikit madu, molase atau sirup maple. Apa pun pemanis yang kamu tambahkan tidak ada artinya jika dibandingkan dengan berapa banyak gula yang ditemukan dalam kemasan yang sudah jadi,” kata Moore.
 

5. Latte dengan susu skim


Dengan menukar susu murni dengan 2 persen susu rendah lemak dalam latte, kamu akan mendapatkan jumlah kalsium dan protein yang sama tetapi kalori yang lebih sedikit. Jadi ganti susu biasa dengan susu skim ini.
(FIR)