FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Sariawan dengan Obat Kumur Alami

Raka Lestari
Selasa 27 Oktober 2020 / 15:05
Jakarta: Sariawan kerap menjadi penyakit yang sangat menganggu. Ketika ini sudah datang, semua yang masuk ke mulut jadi terasa perih. Untungnya, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan obat kumur bahan alami.

Dikutip dari Mind Body Green, sariawan bisa muncul karena stres dan mungkin dipicu oleh makanan yang mengiritasi mulut. Seperti pretzel, keripik, rempah-rempah tertentu, dan buah-buahan yang sangat asam.

Mungkin juga hal itu disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu (seperti B12, B6, atau zinc) atau faktor lain seperti penyakit celiac, dan bahkan perubahan hormonal pada perempuan.

Saat kamu terkena sariawan, prioritas utama adalah mengurangi gejala dan berusaha menyembuhkannya secepat mungkin. Untungnya, ada bahan alami tertentu yang bisa membantu yaitu minyak pohon teh.

"Karena aktivitas antimikroba, minyak pohon teh adalah obat yang bagus untuk menyembuhkan sariawan. Minyak pohon teh akan segera mematikan rasa sakit dan membantu membunuh bakteri yang mungkin ada di dalam dan di sekitar luka,” jelas Mariza Snyder, DC, dokter kiropraktik dan penulis buku The Essential Oil Hormone Solution.

Berikut cara membuat obat kumur alami untuk sariawan:

Bahan

1 sendok makan garam laut

2 tetes minyak esensial minyak pohon teh

2 gelas air hangat


Cara membuat

1. Panaskan dua gelas air di atas kompor hingga hangat saat disentuh. Lalu tambahkan garam laut dan aduk hingga larut sepenuhnya.

2. Tuang ke dalam cangkir dan tambahkan dua tetes minyak pohon teh.

3 .Gunakan sebagai obat kumur setidaknya beberapa kali sehari, pastikan larutan bersentuhan langsung dengan sariawan.

4. Kumur-kumur.
(FIR)